Dunia Bisnis

Uncategorized

Hindari Penjiplakan, Gunakan Salah Satu dari 7 Aplikasi Cek Plagiat

Pekerjaan yang mengikutkan tulis-menulis harus bebas sontek. Karenanya, beberapa penulis harus tahu program cek plagiat untuk yakinkan keorisinalan hasil kreativitas. Jangan kuatir, ada banyak program gratis yang bisa digunakan untuk kerjakan pengujian karya tulis. Yuk, ketahui apa program yang bisa kamu gunakan untuk cek plagiat di artikel Glints ini!

 

  1. Turnitin

 

Turnitin ialah program cek plagiat yang paling populer, khususnya di dunia akademik. Program ini memeriksa hasil tulisanmu dengan yakinkan ia tidak memiliki kesesuaian dengan document lainnya ada di internet, web, buku, artikel, dan lain-lain. Tapi, Turnitin tidak bisa digunakan dengan gratis dan bebas.

 

Biasanya, harga yang ditawarkan Turnitin tergantung pada instansi yang bekerja sama dengannya. Maka jika ingin mengecek pekerjaan sebagai siswa dengan Turnitin, kamu bisa menanyakan pada pihak sekolah atau kampus.

 

  1. DupliChecker

 

Salah satu program check plagiat yang gratis adalah DupliChecker. Performanya sederhana, tapi keakuratan pengetesannya cukup tinggi. Walaupun gratis, kamu harus membuat akun untuk mendapatkan 50 pengetesan plagiat gratis tiap hari. Jika tidak, DupliChecker hanya memperkenankan pengetesan satu document saja. Saat ini, tidak ada versi berbayar yang pasarkan pengetesan tanpa batas.

 

  1. Grammarly

 

Meski terkenal sebagai program pemeriksa grammar bahasa Inggris, ternyata Grammarly memiliki fitur cek plagiasi, lho. Fitur ini ditawarkan dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk mengecek plagiasi dengan Grammarly, kamu perlu masukan teks yang ingin dicheck dan Grammarly akan memrosesnya dengan database yang ia punya.

 

Menurut Codeless, Grammarly memiliki 16 miliar database yang disebutkan diantaranya terbanyak di dunia. Karenanya, keakuratannya tidak bisa diragukan kembali walaupun bisa digunakan secara gratis.

 

  1. PaperRater

 

Aplikasi check plagiat yang gratis lainnya adalah PaperRater. Untuk menggunakan program ini, kamu harus tetapkan type document, tingkat tingkatan, dan beberapa faktor lainnya terlebih dahulu. PaperRater digunakan lebih dari 140 negara dan mampu mengecek grammar, dan memberi saran kosakata pada hasil tulisan.

 

Prosesnya cepat dan pengembangannya dikerjakan oleh beberapa pakar. Sayang, menurut Become a Writer Today, program ini tidak seakurat Grammarly yang serupa gratis.

 

  1. ProWritingAid

 

ProWritingAid adalah program cek plagiat yang cocok untuk semuanya type tulisan. Program ini pasarkan versi gratis untuk uji coba terlebih dahulu, dan pembayaran dapat dikerjakan jika ingin berlangganan seterusnya. Tidak cuma memeriksa plagiarism, ProWritingAid juga bisa mengecek kalimat yang sering terulang kembali dan komponen lainnya agar tulisanmu bisa lebih baik kembali.

 

  1. PlagScan

 

PlagScan adalah program cek plagiat yang berbayar, tapi ada juga versi trial gratis untuk cobanya. Untuk menggunakan program ini, kamu harus sign up dan membuat akun.Tenang, proses ini cepat dan tidak membutuhkan kartu kredit.Tanpa pembayaran, kamu akan mendapatkan 20 kali kesempatan untuk mengecek plagiasi. PlagScan ialah program cek plagiat yang paling sensitif dan tepat.

 

  1. Plagiarisma

 

Aplikasi ini dapat digunakan siapa, diawali pada siswa, guru, penulis, dan ada beberapa kembali. Yang unik dari program ini adalah terdapatnya bahasa yang banyak. Ada kurang lebih 190 bahasa yang dapat disaksikan oleh program ini.

kompiwin.com

Disamping itu, kamu bisa mengecek document cukup hanya URL atau meng-upload file-nya lewat cara manual. Teksmu dapat sesegera disaksikan jika kamu meng-install add-on atau soketin di browser internet, seperti Chrome atau Firefox.

 

Itu ia tujuh program check plagiat yang Glints referensikan. Lebih kurang, yang mana jadi opsimu? Jangan sampai lupa gunakan satu diantara program ini untuk yakinkan hasil kerjamu orisinal dan berbeda dari yang lain agar bebas dari permasalahan hak cipta, ya.