Dunia Bisnis

Hari Demokrasi Internasional 15 September
Informasi

Hari Demokrasi Internasional 15 September

Sejarah 15 September Sebagai Hari Demokrasi Internasional

Setiap tahun, 15 September diperingati sebagai hari demokrasi internasional oleh masyarakat dunia. Perayaan tersebut tentunya memiliki tujuan yang sangat baik. 

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai hari demokrasi tersebut, kita akan membahasnya pada artikel ini. 

Sejarah hari demokrasi internasional

Hari Demokrasi Internasional 15 September

Hari Demokrasi Internasional 15 September

Setiap tahun, PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa akan merayakan hari demokrasi tersebut. 

Tujuan dari peringatan tersebut ialah guna menegakkan prinsip-prinsip demokrasi dengan cara mengundang berbagai negara maupun organisasi untuk memperingatinya. 

Peringatan hari demokrasi internasional sebenarnya bermula ketika tahun 2007, Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam majlis umumnya menetapkan 15 September sebagai perayaan hari demokrasi. 

Dalam perayaan tersebut, PBB berharap dapat mempromosikan juga menggalakkan prinsip demokrasi serta mengajak seluruh anggota PBB untuk memperingatinya. 

Nah sebenarnya, apa itu demokrasi? Demokrasi merupakan suatu sistem dalam pemerintahan. 

Dimana baik kebijakan, hukum, kepemimpinan hingga usaha dari pemerintah atau negara diputuskan oleh rakyat. 

Bisa dikatakan, demokrasi merupakan sistem yang cukup berpihak terhadap rakyat. 

Sebelum terjadi penetapan hari demokrasi internasional, bulan September 1997, Inter Parliamentary Union (IPU) mulai mengadopsi Deklarasi Universal perihal demokrasi. 

Pada deklarasi tersebut ditegaskan pula mengenai prinsip, unsur hingga pelaksanaan pemerintahan yang demokratis.  

Lalu, di tahun 1998, atas dasar inisiatif presiden Filipina yakni Corazon C. Aquino konferensi internasional perihal demokrasi batu dipulihkan. 

Dimana ketika itu kediktatoran Ferdinand Marcos selama 20 tahun lamanya dapat digulingkan melalui apa yang disebut “Revolusi Kekuatan Rakyat”

Sebelumnya hal tersebut hanyalah sebuah forum antar pemerintah ICND yang kemudian berkembang menjadi struktur tripartit. Yakni adanya partisipasi pemerintah, parlemen hingga rakyat. 

Lalu, pada saat konferensi INDRA ke-6 di Qatar tahun 2006, sifat tripartit tersebut semakin kuat. Hingga dimulailah deklarasi juga rencana aksi guna mengembalikan nilai dasar dalam demokrasi. 

Dari hasil ICNRD ke-6 tersebut, dewan penasehat yang telah dibentuk oleh ketua proses Qatar mengajukan guna mempromosikan hari demokrasi internasional

Dalam proses penyusunan teks resolusi Majelis Umum PBB dan konsultasi dengan negara anggota PBB, Qatar menjadi negara yang memimpin. 

Lalu, atas usul IPU maka pada 15 September dipilih guna merayakan hari demokrasi secara internasional setiap tahun.

Perayaan pertama terjadi pada tahun 3008. Dimana acara tersebut diselenggarakan di House of Parliaments Jenewa secara khusus. 

Jadi itulah sejarah adanya hari demokrasi internasional. Tentunya tujuannya sangat baik agar prinsip demokrasi tidak dilupakan oleh pemerintah, parlemen hingga rakyat di dunia. 

Sumber: Klik disini