Dunia Bisnis

Uncategorized

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ambil KPR!

Mahalnya rumah biasanya membuat seseorang memilih untuk membelinya secara KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Biasanya ada keringanan pembayaran yang ditawarkan seperti DP hanya 10% dan bisa dicicil.

Terlihat sederhana, namun ketika kita mengajukan KPR, kamu perlu memperhatikan biaya lain yang timbul selain menyiapkan uang muka. Apa saja biaya yang muncul ya Rumahimpian.id?

1. Biaya Notaris

Persyaratan mengajukan KPR memerlukan dokumen yang cukup banyak. Notaris bisa menjadi ‘perantara’ yang membantu segala persyaratan terpenuhi.

Notaris tidak akan mengesahkan apapun jika salah satu syarat belum terpenuhi baik dari pihak penjual atau pembeli. Keberadaan notaris ini menjadi safety net kamu dalam bertransaksi. Biaya Notaris ini bervariasi, tergantung daerah dan kesepakatan. Biasanya jika kamu membeli dari developer, biaya bisa lebih rendah karena ada perjanjian tersendiri antara developer dengan notaris.

2. Biaya BPHTB

Biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) merupakan pajak yang harus dibayar oleh pribadi atau badan yang mendapatkan perolehan hak atas tanah dan atau bangunan dari suatu perbuatan atau peristiwa hukum, termasuk rumah KPR.

BPHTB berlaku untuk semua transaksi jual-beli properti secara perorangan dan melalui developer. Biayanya sebesar 5% dari nilai transaksi setelah dikurangi NJOPTKP (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak), yang nilainya berbeda di tiap daerah. Biasanya developer sering menawarkan promo gratis biaya BPHTB, tapi tetap membayar biaya AJB.

3. Angsuran Pertama

Angsuran pertama akan dimasukan dalam salah satu komponen biaya KPR. Selain uang muka, kamu juga akan diminta untuk membayar angsuran pertama. Biasanya pihak bank akan menyetujui KPR jika besaran angsuran pertama memenuhi maksimum 40% dari pendapatan.

Jadi, tanyakan terlebih dahulu berapa besar kemungkinan angsuran saat mengajukan KPR. Jika melebihi 40% dari pendapatan, pasti akan ditolak karena akan dianggap tidak mampu membayar. Tapi jika angsuran perbulan antara 30-35% pendapatan, tidak memiliki cicilan lain dan tidak pernah memiliki tunggakan kartu kredit, biasanya pengajuan KPR kamu akan disetujui.