Fungsi dan Manfaat Kode OTP Yang Perlu Kamu Tau

Kode OTP adalah tidak benar satu metode untuk mengamankan privasi bersama dengan baik, bukan heran apabila beberapa besar pelaksanaan mobile berlimpah yang mengenakan OTP untuk autentikasi.

Secara generik, kode OTP berguna untuk menghindari akses pengguna yang bukan formal yang mencoba masuk platform.

Tidak cuman tersebut, OTP juga melindungi pengguna yang tengah laksanakan kesibukan berarti layaknya transaksi online.
Kecuali sebatas mengenakan password tidak aktif, maka besar bisa saja Kamu akan diserang kenakan teknik brute force attack.

Tapi, jikalau kenakan kode OTP akan menambahkan dukungan lebih kepada pengguna dikarenakan kenakan autentikasi dua faktor bersama mengirimkan kode OTP ini.
Lagipula, kode OTP hanyalah bisa digunakan didalam satu sesi saja, sesudah melewati sebagian menit, maka kode akan hangus.

 

Manfaat Kode OTP

Selain menghindari pencurian dan penyalahgunaan data, masih ada beberapa manfaat kode OTP seperti berikut ini.

  • Mudah Digunakan

Karena kode OTP umumnya dikirimkan melalui SMS atau email, pengguna tidak akan mungkin mengalami kesulitan karena sudah familiar dengan SMS dan email.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu menggunakan perangkat tambahan untuk menerima kode OTP.

Tak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, perusahaan yang menerapkan kode OTP ini juga dapat mengurangi biaya operasional menjadi lebih efektif.

  • Menghindari Masalah Password Lemah

Menggunakan kode OTP termasuk dalam autentikasi dua faktor, yang mana memerlukan verifikasi pengguna untuk dapat mengakses sebuah akun digital/sistem tertentu.

Meskipun password yang digunakan tidak terlalu kuat, tetapi jika menggunakan kode OTP akan membantu menghindarkan pengguna dari upaya login oleh orang lain yang mengetahui password tersebut.

Anda akan tetap menjadi pengguna yang memiliki izin karena hanya Anda yang memiliki kode OTP tersebut.

  • Sulit Ditebak

Karena kode OTP yang dibuat menggunakan algoritma khusus yang rumit, maka peretas akan kesulitan untuk menebak kemungkinan kode yang hanya memiliki empat higga enam digit.

Lagipula, peretas harus menebak kode yang hanya berlaku tidak lebih dari satu menit.

Bahaya Kode OTP

contoh OTP

Meski sebenarnya OTP memiliki manfaat yang penting, ternyata OTP juga dapat berpotensi membahayakan pengguna.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena peretas dapat mengelabui pengguna untuk meminta kode OTP yang sebenarnya tidak boleh dibagikan kepada siapapun.

Pernahkah Anda mendengar kasus orang asing yang mengaku berasal dari salah satu perusahaan tertentu (misalnya GO-JEK), lalu ia mengatakan bahwa telah mengirimkan kode OTP.

Kemudian orang tersebut akan meminta pengguna untuk mengirimkan kode OTP.

Padahal, setiap kali pengguna diberikan kode OTP, akan ada peringatan untuk tidak membagikan kode tersebut pada siapa saja bahkan pihak terkait.

Sayangnya masih ada saja pengguna yang memberikan kode OTP tersebut karena penipu tersebut telah menggunakan modus yang beragam.

Jika Anda mengalami hal semacam ini, jangan Anda hiraukan karena kode OTP adalah kode rahasia yang tidak boleh disebarkan kepada siapa saja.

Apabila orang lain mendapatkan kode OTP dan mengakses Akun Anda, semua data pribadi akan disalahgunakan tanpa sepengetahuan Anda.

Bisa dibilang, jika Anda memberikan kode OTP ke orang lain, sama saja Anda telah memberikan akses penuh kepada orang tersebut untuk memodifikasi, menghapus, atau menyalahgunakan data pribadi pada akun Anda.