Dunia Bisnis

Informasi, Uncategorized

Fenomena Budaya K-Pop yang menjadi Trend di Dunia

Wabah Covid-19 jadi penyebab peralihan baru yang terjadi di kehidupan biodata member treasure satu hari – hari untuk menahan penebaran virus Covid-19. Kebiasan baru ini berkaitan dengan prosedur kesehatan yang ada. Prosedur kesehatan diawali dari menggunakan masker, membersihkan tangan, menjauhi dari keramaian, dan jaga jarak. Sejak periode wabah ini segala hal ditangani di dalam rumah. Baik tugas, sekolah dan beribadah dilaksanakan di dalam rumah.

Fenomena Budaya K-Pop yang menjadi Trend di Dunia

Mengakibatkan penguna sosial media makin bertambah sejak Wabah Covid-19. Karena sosial media memberinya info- info yang diperlukan publik. Disamping itu dari media siosial lah kita bisa terhubung mengenai perubahan yang terjadi di seluruh penjuru dunia secara cepat. Tetapi, sosial media memiliki segi negatif yakni menjadi wadaj untuk orang – orang yang tidak bertanggungjawab bertindak kriminil seperti siber crime, penipuan dan menebarkan informasi – informasi hoaks (palsu) . Maka kita harus jadi pemakai sosial media yang pandai dan arif dalam memakai sosial media.
Dari sosial media kita bisa mengenali budaya – budaya luar atau dikenali dengan budaya terkenal. Apakah itu Budaya Terkenal ? Budaya terkenal ialah budaya yang hidup dan berkembang di kelompok masyarakat dan dicicipi beberapa orang. Budaya terkenal telah menerpa di penjuru dunia, bukan hanya di Indonesia saja. Munculnya budaya terkenal karena di dorong oleh faktor industrial, ekonomi, dan digital. Menurut Burton ( 2008 dalam Chaniago: 2011: 93), budaya terkenal dikuasai oleh produksi dan konsumsi barang – barang material dan bukan oleh seni – seni sejati, manakalah pembuatnya didorong pola keuntungan.

Menurut Hebdige (1998), sebagai contoh melihat budaya terkenal sebagai beberapa kumpulan artefak yang ada, seperti film, kaset, baju, acara tv, alat transportasi dan lain-lain. Media juga berperanan penting karena sebagai jembatan di antara budaya terkenal dengan warga. Madia lah yang mengurus budaya yang bakal ditebarkan ke khalayak luas supaya lebih gampang terima budaya baru di kelompok masyarakat.
Dalam soal mempopulerkan satu produk budaya, media sebagai penebar info sama sesuai perannya dan pembentuk penilaian khalayak yang selanjutnya berkembang jadi penyeragaman penilaian dan hasrat. Pada akhirnya, apa saja yang dibuat media akan diterima khalayak sebagai satu nilai, dalan ini nilai kebudayaan. Budaya terkenal terkait dengan permasalahan sehari-harinya yang dicicipi oleh seluruh orang atau kelompok tertentu.

Salah satunya budaya yang sedang terkenal di kelompok remaja dunia adalah K-Pop. K-Pop ialah tipe musik, boy dan girls band yang dari Korea. Siapa sich tidak Kenaal dengan Boyband BTS? Boyband yang dengan anggota 7 orang asal Korea Selatan yang dibuat oleh Big Hit Entertaiment. Personilnya terbagi dalam Kim Namjoon, Kim Seok Jin, Min Yoon Gi, Jung Ho Seok, Park Ji Min, Kim Tae Hyung dan Jeon Jeong-guk. Banyak fans yang mengikuti performa mereka seperti langkah kenakan pakaian, style rambut, bahkan juga bahasa mereka dan lain-lain.
Seringkali barang yang dipakai oleh beberapa anggota sering jadi barang yang laris dan di bidik oleh beberapa fans mereka meskipun nilai jualnya tinggi. Tanapa pikirkan faedah barang itu beberapa fans langsung membeli. Selainnya musik, sinetron korea jadi budaya terkenal di kelompok remaja atau orangtua. Apa lagi di periode Wabah ini sinetron korea jadi tontonan satu hari – hari. Bahkan juga deretan selebritis Tanah Air juga akui jika menonton sinetron korea ialah aktivitas kegemaran mereka sekarang ini. Dalam beberapa waktu paling akhir, banyak sinetron korea yang terkenal di kelompok warganet dan sukses raih peringkat tinggi.

Satu diantaranya sinetron Star-Up yang menceritakan mengenai kehidupan anak-anak muda dengan persoalan hidup masing – masing. Yang di lakoni oleh Bae Suzy, Nam Jook-Hyuk, Kim Seon-ho dan Kang Han-na. Untuk pecinta K-Pop budaya Korea Selatan ini punyai daya magnet tertentu dan dari sinetron koreaa berikut secara tanpa kita ketahui jadi kampanye penebaran budaya korea dan kulinerannya. Hingga di Indonesia, ada banyak Kafe atau Restaurant yang mengungsung ide Korean Model seperti kimchi, bulgogi, ramyeon, kimbab dan lain-lain.
Salah satunya misalnya Imnida Kafe punya selebgram Edhol Zell. Imnida Kafe mempunyai ide yang unik yakni serba memiliki nuansa BTS. Di Kafe ini kita disongsong beragam poster, merchandise sah BTS dan spot photo yang instagramable sampai pajangan album dan rare yang memiliki nuansa BTS.

Tetapi, Imnida Kafe tidak sediakan makanan berat, jadi perannya cuma untuk tempat kongkow dan jual merchandise sah BTS.
Bisa diambil kesimpulan budaya terkenal benar-benar terkait dengan media dan khalayak luas. Dari media, publik juga paham tentang baru yang seakan jadi kiblat baru selingan atau tren dunia. Seperti dunia K-Pop sampai sekarang ini jadi tren dunia. dalam soal mengikuti langkah kenakan pakaian, style rambut, bahasa, bahkan juga sebagai ide buka usaha.