Daftar Tokoh Pahlawan Indonesia Perintis Kemerdekaan

Daftar Tokoh Pahlawan Indonesia Perintis Kemerdekaan – Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para Pahlawan Nasional yang telah mengusir penjajah. Jasa mereka juga dikenang sampai sekarang, oleh karena itu negara memberikan mereka ‘Pahlawan Nasional’. Republik Indonesia memiliki begitu banyak nama Pahlawan dari Sabang sampai Merauke. 

Kita sebagai generasi penerus mereka harus tahu nama dan jasa mereka untuk mencapai kemerdekaan nasional. Nah, untuk mengenang jasa mereka, kami telah mengumpulkan para pahlawan perintis kemerdekaan yang telah berjasa menegakkan keadilan dan memerangi penjajah di masa lalu. Berikut ini akan kami jelaskan tentang Daftar Tokoh Pahlawan Indonesia Perintis Kemerdekaan.

Tokoh Pahlawan Indonesia Perintis Kemerdekaan

Tak luput dari sejarah, mengetahui berbagai sejarah tentang Indonesia merupakan salah satu cara menghargai jasa para Pahlawan kita. Untuk itu, yuk simak daftar Pahlawan Indonesia berikut ini yang mempelopori kemerdekaan!

RM Tirto Adi Soerjo

Raden Mas Tirto Adi Soerjo adalah seorang pahlawan nasional dari Blora, Jawa Tengah yang pertama kali membuat surat kabar di Indonesia. Saat itu, sekitar tahun 1903 – 1908, Tirto mendirikan surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Putri Hindia. Tirto menyebarkan propaganda kemerdekaan dan kritik pedas terhadap pemerintah Hindia Belanda. Ia kemudian ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bacan, Maluku Utara. Kemudian beliau meninggal di Batavia pada tanggal 7 Desember 1918.

H.O.S Tjokroaminoto

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan H.O.S Cokroaminoto adalah pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Muslim (SI), yang dahulu bernama Serikat Buruh Muslim . Cokroaminoto juga terkenal sebagai guru dari beberapa tokoh terkenal, yaitu Soekarno, Semaoen, Musso, Alimin, hingga Tan Malaka.

Jenderal Soedirman

Soedirman tidak hanya tercatat sebagai Panglima Angkatan Darat dan Jenderal pertama Republik Indonesia, tetapi juga menjadi yang termuda dalam sejarah. Pada usia 31 tahun, ia telah bergabung dengan Pahlawan Kemerdekaan lainnya untuk berjuang mengusir penjajah Jepang, Belanda dan sekutu.

Hasyim Asyari

Kyai Haji Mohammad Hasyim Asyarie adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi kepercayaan terbesar di Indonesia. Hasyim Asyari juga dikenal sebagai intelektual muslim yang mewarnai perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan ide-idenya yang bertahan hingga saat ini.

Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro memainkan peran utama dalam memimpin Perang Jawa yang berlangsung selama lima tahun, dari tahun 1825 hingga 1830. Perang ini berkecamuk di hampir semua wilayah di pulau Jawa dan merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi di pulau Jawa. sejarah perjuangan melawan belanda. Meski berakhir dengan kemenangan Belanda, Pangeran Diponegoro sempat membuat Belanda mengalami kesulitan dan kerugian akibat tewasnya ribuan tentara Belanda.

Ki Hadjar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara adalah salah satu aktivis gerakan kemerdekaan. Sepanjang hidupnya, Ki Hadjar Dewantara sudah berperan besar dalam pendidikan Indonesia. Perguruan Taman Siswa merupakan salah satu hasil usahanya dalam memberikan kesempatan pendidikan bagi penduduk asli Indonesia yang pada saat itu hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Belanda dan kalangan elit.

Bung Tomo

Sutomo alias Bung Tomo, adalah pahlawan nasional dari Surabaya. Bung Tomo dikenal dengan aksi heroiknya ketika membangkitkan semangat semua rakyat Suroboyo dalam melawan tentara Belanda Nederlandsch Indie Civil Administratie (NICA) dalam pertempuran 10 November. Bung Tomo yang juga wartawan dari Surabaya ini juga dikenal dengan mottonya “Kebebasan atau Mati” dalam pertempuran berdarah di Surabaya. Pertempuran Surabaya kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sutan Syahrir

Sutan Syahrir adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang dikenal atas jasa-jasanya dalam menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia. Bersama Bung Karno dan Bung Hatta, ketiganya disebut sebagai tiga serangkai kemerdekaan republik. Pada awal berdirinya republik, Sjahrir juga menjabat sebagai perdana menteri.

R.A. Kartini

Sebagai salah satu pahlawan wanita, Raden Adjeng Kartini sangat berjasa dalam memperjuangkan kesetaraan hak-hak perempuan selama hidupnya. Latar belakang bangsawan tidak serta merta membuatnya tunduk pada penguasa dan nilai-nilai konservatif mereka. Bahkan, Kartini dianggap mempelopori kebangkitan perempuan pribumi dengan pemikiran yang lebih moderat.

Kapitan Pattimura

Thomas Matulessy atau lebih dikenal dengan Pattimura adalah seorang pahlawan nasional yang berperan sebagai panglima perang dalam perlawanan rakyat Maluku dengan tentara VOC Belanda. Dengan kewibawaan dan kepemimpinannya, Pattimura berhasil menyatukan kerajaan-kerajaan Nusantara, khususnya Ternate dan Tidore untuk menghadapi penjajah pada tahun 1817.

Tjoet Nyak Dien

Dia adalah pahlawan nasional wanita dari Aceh. Selama Perang Aceh, Cut Nyak Dien ikut serta dalam perlawanan dengan memimpin rakyat Aceh untuk menyerang Belanda. Meninggalnya Ibrahim Lamnga yang merupakan suami pertamanya dalam perang, telah menyulut tekad dan semangat Cut Nyak Dien untuk menghentikan penjajahan Belanda.

Raden Dewi Sartika

Satu lagi pahlawan yang mempelopori kemerdekaan wanita Indonesia. Pendidikan yang diterimanya sebagai bangsawan menginspirasi Raden Dewi Sartika untuk memperjuangkan hak pendidikan bagi masyarakat adat dengan membangun sekolah khusus untuk perempuan.

Sultan Hasanuddin

Dijuluki sebagai Ayam Jago dari Timur, Sultan Hasanuddin adalah salah satu Pahlawan kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Selatan. Setelah naik tahta menjadi sultan Kerajaan Gowa, ia mencoba menggabungkan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia Timur dan memberikan perlawanan yang cukup sengit kepada Kompeni Belanda.

Tan Malaka

Salah satu pahlawan perintis kemerdekaan Indonesia yang jasanya sering dilupakan. Ia memainkan peran utama dalam perlawanan terhadap kolonialisme Belanda. Pemikirannya yang tertuang dalam berbagai tulisan telah menginspirasi Soekarno, Hatta, Sjahrir dan tokoh pergerakan nasional lainnya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.

Martha Christina Tiahahu

Pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia berikutnya adalah putra Kapitan Paulus Tiahahu yang membantu Kapitan Pattimura dalam perlawanan melawan Belanda pada tahun 1817. Martha Tiahahu adalah salah satu dari sedikit wanita yang terjun langsung ke medan perang. Usianya yang masih muda tidak membuatnya gentar dan gentar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau biasa dikenal dengan Bung Hatta adalah seorang pahlawan nasional yang berperan besar dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jiwa patriotisme Bung Hatta telah tumbuh sejak muda dengan keikutsertaannya sebagai aktivis, anggota organisasi pergerakan nasional hingga menjadi negarawan yang mendampingi Soekarno memperjuangkan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Soekarno

Berbicara tentang Pahlawan kemerdekaan nasional Indonesia tidak dapat dilakukan tanpa proklamator kemerdekaan itu sendiri. Ir. Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang juga berperan sebagai pencetus dasar negara pancasila yang kita pakai saat ini. Bersama Mohammad Hatta, Soekarno merupakan sosok penting yang telah menginspirasi bangsa Indonesia dalam perjuangan mencapai gerbang kemerdekaan.

Agus Salim

Pada awal berdirinya republik ini, Agus Salim memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dengan tokoh-tokoh pergerakan nasional lainnya. Namun, peran Agus Salim dalam pentas kemerdekaan politik sudah ada jauh sebelum era kemerdekaan. Agus Salim merupakan salah satu pimpinan ormas terbesar saat itu, yaitu Persatuan.

Demikian ulasan Jengsusan tentang Daftar Tokoh Pahlawan Indonesia Perintis Kemerdekaan semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Aksesoris Agar Terlihat Elegan Dan Anggun