Dunia Bisnis

kota terbersih di indonesia
Informasi

Daftar Kota Terbersih Di Indonesia Peraih Adipura

Kebersihan suatu lingkungan tentu sangat penting untuk dijaga , terutama untuk sebuah kota , karna lingkungan kota yang bersih dapat menjadi citra yang baik untuk kota tersebut . Tak dapat di pungkiri masalah sampah di Indonesia masih menjadi problematika yang sulit untuk ditangani baik dari segi pengolahanya maupun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan . Terkadang mungkin kita masih menganggap masalah sampah ini adalah masalah yang sepele , bisa kita ambil contoh saja mungkin kita pernah melakukan atau melihat di jalanan ada orang yang asal menaruh sampahnya ,maskipun di dekatnya terdapat tempat sampah fiberglass outdoor . Maskipun terlihat sepele namun kebiasaan ini harus di buang jauh-jauh dalam diri setiap masyarakat apabila kita ingin merasakan lingkungan kota yang bersih dari sampah .

Tapi tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki deretan kota kota terbersih yang berhasil mendapatkan penghargaan  piala Adipura . Atau penghargaan yang biasa diberikan kepada kota-kota yang berhasil dalam upaya menjaga kebersihan dan mengelola lingkungan perkotaan .Maka dari itu berikut adalah kota kota yang menjadi kota terbersih di Indonesia :

Surabaya

Kota Surabaya dapat di sebut sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia dalam menjaga kebersihan dari sampah . Bagaimana tidak, kota ini pernah 9 kali bertutur-turut mendapatkan penghargaan Adipura terhitung mulai dari 2010 hingga 2018 . Penghargaan ini di dapat tak luput dari usaha Pemkot Surabaya serta kerjasama masyarakat Surabaya dalam mengelola sampah . Bahkan Surabaya sempat mendapatkan penghargaan tertinggi yakni Adipura Kencana pada periode 2017-2018 yang di berikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kala pada saat itu .

Malang

Kota selanjutnya yang menjadi kota terbersih ialah kota malang , meskipun pada 2019 kota Malang gagal mempertahankan gelar Adipura Kencana . Namun, dari sejarahnya kota Malang sejak 2013 selalu menjadi kota terbersih dan mendapat gelar adipura secara bertutur turut hingga pada 2018 dinobatkan menjadi kota terbersih serta sukses mengelola lingkunganya dengan gelar Adipura Kencana .

Semarang

Seperti yang kita ketahui Semarang adalah Ibukota dari Jawa Tengah . Semarang memiliki wilayah yang cukup luas serta jumlah penduduk yang cukup padat . Disamping itu Semarang juga memiliki berbagai tempat wisata yang mengundang banyak wisatawan dari berbagai daerah . Maskipun begitu pemerintah kota Semarang teteap mampu mengelola lingkungan dan menjaga kebersihan kota Semarang . Hal ini dapat dibuktikan dari sukses nya kota Semarang dalam mendapatkan penghargaan adipura selama 6 kali bertutut turut termasuk 2017 kemarin .

Tanggerang

Soal kebersihan tidak perlu di ragukan lagi Tanggerang sudah pasti termasuk kota terbersih di Indonesia . Bagaimana tidak, kota ini sudah pernah 7 kali berturut turut mendapatkan piagam Adipura . Terhitung sejak 2011 hingga 2017 Tanggerang tidak pernah absen dalam penghargaan Adipura hingga pada puncaknya pada 2013 dan 2017 kota Tanggerang sukses membawa pulang gelar Adipura Kencana  .

Itulah deretan kota yang suskes memboyong Piagam Adipura . Masih banyak kota lainya yang mendapat Piagam Adipura , hal ini dapat menjadi bukti bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia yang perduli akan kebersihan lingkungan kotanya . Hal ini harus di pertahan kan serta di tingkatkan agar upaya membuat masa depan Indonesia bersih dari sampah dapat terwujud .