Cleaning Services AC Sebagai Tips Perawatan Secara Rutin Lebih Optimal

Jasa Cleaning Service Terbaik di Indonesia! - KliknClean
source gambar : kliknclean.com

Banyak sekali layanan jasa reparasi AC yang dapat diminta untuk datang ke rumah memperbaiki ataupun membersihkan AC. Cleaning services yang dikhususkan bagi AC ini tentunya memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak bisa melakukannya.

Tidak hanya layanan yang harus booking dengan cara datang langsung ke kantornya. Sekarang ini layanan jasa seperti ini bisa menerima panggilan melalui sistem mobile.

1. Jenis-Jenis Kerusakan AC

AC atau pendingin ruangan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan. Jika AC mengalami kerusakan tentu akan membuat suasana di dalam ruangan menjadi tidak nyaman terlebih pada siang hari.

Jika kerusakan tersebut tidak segera diatasi dengan baik maka akan membuat AC bisa mati total. Berikut inilah beberapa jenis dari kerusakan AC yang dapat kamu ketahui

1. AC Tidak Dingin

Jenis kerusakan yang satu ini sering dialami oleh sebagian besar orang. Meskipun pendingin ruangan sudah dinyalakan namun tetap saja suhunya tidak berubah menjadi sejuk seperti biasanya.

Tentu hal seperti ini akan membuat kamu rugi dan perlu mengundang cleaning services untuk membetulkannya. Bisa jadi AC tersebut kotor atau bahkan freonnya habis sehingga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

2. AC Mati Total

Kerusakan lainnya yang lebih parah yakni AC bisa mati total, padahal sebelumnya AC bisa menyala dengan baik dan setelah itu tidak dapat dinyalakan kembali. Dengan demikian akan membutuhkan biaya cukup besar untuk memperbaikinya karena tidak bisa melakukannya sendiri dan harus memanggil teknisi.

Harga untuk layanan jasa reparasi AC ini tergantung dari tingkat kerusakan pada AC. Apabila sudah mati total seperti ini maka biayanya akan jauh lebih besar.

2. Tips Merawat AC dengan Baik

AC merupakan peralatan elektronik yang membutuhkan perawatan agar bisa bertahan dalam waktu lama. Adapun tips untuk merawat AC sebagai berikut:

1. Membersihkan Filter AC Secara Rutin

Saringan yang ada di dalam AC ini memiliki fungsi sebagai penyaring debu dan menyumbat permukaan evaporator AC. Apabila saringan ini tidak dibersihkan secara berkala maka akan membuat AC menjadi tidak dingin lagi.

Bersihkanlah filter AC tersebut secara berkala sebanyak 2 minggu sekali agar keawetannya tetap terjaga. Dengan begitu AC bisa bekerja lebih optimal untuk membuat ruangan menjadi sejuk.

2. Memanggil Cleaning Services

Cara yang satu ini lumayan sulit untuk melakukannya sendiri, sehingga kamu biaya memanggil layanan saja reparasi AC. Untuk membuat filter AC selalu dalam kondisi baik maka perlu cuci AC dengan rutin setiap 3 bulan sekali dan ketika memanggil layanan jasa bisa sekalian minta cek freon.

Apabila freon sudah kosong mintalah untuk mengisikannya kembali agar bisa berfungsi optimal. Poin mengecek filter AC inilah yang tidak banyak diketahui pemilik dan membuat AC cepat rusak.

3. Tidak Mengatur Suhu AC di Bawah 22o

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengguna yakni pada pengaturan AC yang langsung ke suhu rendah. Alangkah baiknya untuk mengatur suhu ACĀ  pada angka 23 saja agar kompresor tetap aman.

Dengan kamu mengatur langsung ke suhu rendah maka kompresor akan bekerja terus menerus. Sehingga umur kompresor tidak bisa bertahan lama dalam mendinginkan suhu ruangan.

Demikianlah beberapa uraian mengenai cleaning services untuk AC yang sering digunakan untuk jasa cuci AC ataupun perbaikan. Layanan reparasi sangat dibutuhkan bagi pengguna yang tidak memahami fitur AC dengan baik.