Dunia Bisnis

Informasi

Cara Mudah Klaim Asuransi Property di 2021

Cara Mudah Klaim Asuransi Property di 2021

Sebagian besar pemilik polis asuransi kebakaran atau properti mengaku kesulitan jika harus mengklaim kerugian yang terjadi. Hal ini terjadi karena mereka tidak mengerti dan memahami bagaimana proses klaim harus dilakukan. Apakah ini juga terjadi dalam kasus Anda?

Mereka tidak tahu bagaimana proses klaim terjadi. Bahkan, terkadang perusahaan asuransi juga tidak pernah memberi tahu Anda. Jadi, apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus dipersiapkan untuk proses klaim? Mari kita bahas bersama- sama.

Jangan khawatir
Harus diakui bahwa proses klaim on fire atau asuransi properti cukup kompleks dan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Detail dan durasi penyelesaian klaim tergantung pada jenis properti dan jenis kerugian.

Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir.

Jika kita tahu bagaimana cara mengklaim prosedur untuk asuransi kebakaran atau properti dengan benar dan benar, kita dapat melalui proses klaim dengan baik dan tanpa masalah.

Proses Penyelesaian Klaim
Memahami dan memahami proses klaim akan membuat penyelesaian klaim ini mudah dan cepat. Berikut ini adalah tahapan dalam proses klaim asuransi kebakaran atau properti.

Pemberitahuan Kerugian
Ingat, ketika insiden kehilangan terjadi, yang paling penting adalah kita harus tetap tenang dan tidak panik. Amankan keluarga Anda terlebih dahulu dan kemudian aset berharga yang tersisa yang dapat disimpan hanya jika memungkinkan. Namun, keselamatan Anda dan keluarga tetap menjadi prioritas nomor satu. Awas !!

Selanjutnya, segera laporkan insiden kerugian tersebut kepada perusahaan asuransi. Laporkan sesegera mungkin agar perusahaan asuransi dapat menerima dan memproses klaim Anda dengan cepat.

Saat ini, ada banyak cara dan media yang dapat Anda gunakan untuk pelaporan klaim. Melalui mulut ke mulut, melalui telepon, faksimili, atau surat elektronik. Jadi, pelaporan klaim dapat dilakukan sesegera mungkin.

Membuat Laporan Kerugian
Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir laporan klaim atau membuat pernyataan tertulis. Ceritakan semua yang Anda ketahui tentang peristiwa yang menyebabkan kerugian atau kerusakan.

Mulai dari penyebabnya, setiap properti atau properti yang rusak, hingga perkiraan jumlah kerugian yang diderita.

Formulir asuransi biasanya disiapkan oleh perusahaan asuransi untuk memudahkan Anda. Ingat, isi dengan jujur, baik, dan benar sesuai dengan insiden yang sebenarnya demi kebaikan bersama.

Mudah Klaim Asuransi Anda Tidak Perlu Kahwatir

Dokumen Dukungan Klaim Awal
Asuransi akan meminta Anda untuk beberapa dokumen pendukung klaim awal yang harus diserahkan bersama dengan formulir klaim yang telah Anda isi, seperti:

Salinan kebijakan yang valid.
Identifikasi diri Anda atau keluarga Anda.
Foto-foto kerugian.
Laporan cuaca dari BKMG jika kerugian disebabkan fenomena alam.
Faktur atau bukti pembelian barang. Jadi simpan dokumen ini dengan hati-hati setiap kali Anda membeli barang.
Perkiraan biaya perbaikan atau penggantian pekerja atau kontraktor yang Anda tunjuk untuk melakukan perbaikan.
Dll.
Semua dokumen ini harus disiapkan. Semakin lengkap dokumennya, semakin baik.

Penelitian Kebijakan
Setelah menerima pemberitahuan kerugian, perusahaan asuransi akan melakukan penelitian tentang validitas (validitas) polis Anda terlebih dahulu, seperti:

Apakah premi telah dibayarkan ketika kerugian terjadi.
Apakah kebijakan tersebut masih berlaku ketika terjadi kerugian.
Adalah objek yang mengalami kerugian yang tercakup dalam kebijakan.
Adalah penyebab kerugian yang dijamin dalam kebijakan tersebut.
Penelitian Klaim
Selanjutnya, jika polis Anda telah dikonfirmasi valid, asuransi akan melakukan inspeksi atau penelitian lapangan (survei) untuk mengetahui sejumlah hal.

Penyebab dan tempat kehilangan.
Menilai jumlah kerugian yang timbul dan nilai sisanya (perkiraan).

Janji Penyesuaian Kerugian
Jika klaim rumit dan memiliki perkiraan kerugian yang cukup besar, perusahaan asuransi akan menunjuk penyesuaian kerugian (penilai kerugian) untuk meneliti klaim dan Anda akan diberitahu untuk berkoordinasi dengan mereka.

Efeknya, waktu untuk memproses klaim akan berkurang karena penyampaian survei dan penilaian klaim kepada pihak ke-3 ini.

Penyampaian Penilaian Awal
Dari proses penanganan klaim, baik itu dilakukan oleh perusahaan asuransi itu sendiri maupun penyesuaian kerugian, hasilnya akan dikomunikasikan kepada Anda.

Pertama, klaim Anda diterima dan asuransi akan memberi tahu Anda jumlah kompensasi yang harus dibayar atau yang mereka bertanggung jawab.

Catatan, jika Anda tidak setuju dengan jumlah kompensasi yang harus dibayarkan maka Anda memiliki hak untuk bernegosiasi dengan asuransi.

Negosiasi dapat mengambil argumen tertulis, termasuk dokumen tambahan untuk mendukung klaim Anda, atau bahkan menunjuk aksesori kerugian untuk menilai kembali kerugian.

Kedua, klaim Anda ditolak dan asuransi akan memberi tahu Anda alasannya secara formal dan tertulis.

Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu karena jika semua langkah sebelumnya telah dilalui dengan benar, sangat tidak mungkin klaim Anda akan ditolak, kecuali Anda telah terbukti benar-benar melakukan penipuan untuk mendapatkan manfaat tertentu.

Penyelesaian Klaim
Akhirnya, perusahaan asuransi akan menyiapkan pembayaran klaim Anda jika jumlah kompensasi telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Tugas Anda selanjutnya adalah menyiapkan dokumen pendukung pembayaran klaim yang diperlukan, seperti tanda terima pembelian barang pengganti, kwitansi untuk biaya perbaikan, dan sebagainya untuk diserahkan kepada perusahaan asuransi.

Selanjutnya, asuransi akan melakukan pembayaran kompensasi paling lambat sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan bersama.

Memahami = Mudah dan Cepat
Ini adalah ikhtisar prosedur untuk klaim asuransi kebakaran atau properti. Oleh karena itu, jika ada kerugian, Anda tidak perlu khawatir atau takut untuk mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.

Namun, ikuti prosedur dengan benar dan kemudian lengkapi semua persyaratan secara optimal sehingga Anda dapat yakin bahwa proses klaim asuransi Anda akan berjalan dengan mudah, cepat, dan lancar

Source : Fatima Coeg