Cara Merawat Kaktus Dengan Baik dan Benar

source gambar : Unsplash.com/Giuseppe Mondì

Kaktus ini adalah salah satu tanaman hias yang cukup cocok digunakan untuk membuat ruangan jadi tampak lebih indah, Anda bisa menyimpan tanaman ini di meja atau di atas rak pada sudut ruangan. Tanaman yang satu ini pastinya harus di rawat dengan cara yan tepat supaya bisa tetap hidup. Yuk langsung saja kita simak bagaimana cara merawat kaktus dengan benar:

  • Pilih Media Tanam yang Tepat

Menanam kaktus yang pertama ini yaitu dengan menggunakan kerikil di bagian dasar potnya, pemilihan kerikil ini supaya pot ini bisa memiliki sistem drainase yang baik. Setelah bagian bawah di beri kerikil, Anda baru bisa memasukan pasir kasar, tanah, dan juga serbuk arang untuk media tanamnya.

Penting untuk Anda menggunakan serbuk arang karena sifat dari serbung ini terbuka dan juga berongga jadi kaktus bisa lebih bertahan. Supaya kaktus bisa tetap sehat Anda juga bisa menambahkan sedikit saja serbuk kapur dan juga tepung tulang supaya fisik kaktus jadi semakin kuat.

  • Jangan Sering Disiram

Tanaman yang satu ini bisa menyimpan persediaan air di batangnya, jadi Anda jangan teralu sering menyiramnya. Jika Anda terlalu sering menyiramnya kaktu ini akan jadi terlalu lembab dan jadi cepat mati karena busuk. Untuk menyiram tanaman yang satu ini Anda cukup siram sekali saja dalam 2 minggu, dengan begini kaktus akan tumbuh dengan sangat baik.

  • Letakkan di Tempat yang Kering

Tempat tinggal tanaman yang satu ini yaitu di sebuah lingkungan yang cukup kering, jadi jika tananam ini disimpan di tempat yang cukup lembab justru malah akan memperlambat pertumbuhannya. Jadi supaya kaktus ini bisa tumbuh maksimal simpan di tempat yang suhunya cukup kering ya.

  • Hindari Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Sama seperti tanaman lainnya yang butuh asupan cahaya dari matahari supaya bisa tetap berkembang dengan baik, walaupun demikian Anda ini tidakbsa menyimpan kaktus di posisi yang sering terkena sinar matahari secara langsung.

Paparan sinar matahari ini justri cukup berbahata untuk kaktus. Jika kaktus terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung bagian ujung tanamannya ini ajan jadi berubah coklat kehitaman, efek ini muncul karena kaktus jadi terbakar karena matahari.

Saat tanaman ini disimpan dalam ruangan Anda ini bisa menyimpan kaktus diatas meja yang dekat dengan jendela, coba untuk diberi jarak kira- kira 30 sampai 60 cm ya. jarak tersebut supaya kaktus bisa terhindar dari cahaya matahari secara langsung. Tapi jika ruangan yang Anda gunakan untuk menyimpan kaktus ini tidak punya sumber pencahayaan yang bagus, pastikan untuk meletakan kaktus ini di tempat yang dapat sumber cahaya terbaik.

  • Mengganti Pot

Sama dengan mahluk hidup yang lainnya jika semakin dewasa maka kebutuhan nutrisinya juga akan bertambah, hal ini harus benar- benar Anda perhatikan, jadi jangan sampai Anda ini memaksakan untuk terus- terusan menanam kaktus didalam pot.

Jika hal ini terus dibiarkan makan kaktus ini besar resikonya jadi mati. Pot yang terlalu kecil ini bisa membuat tanaman hias ini jadi kekurangan nutrisi. Jadi gantilah pot tersebut jika ukuran kaktus sudah semakin besar, saat mengganti pot untuk tanaman ini juga Anda harus hati-hati ya jangan sampai Anda ini jadi terluka terkena durinya.

Nah itu di acara merawat kaktus dengan baik, selamat mencoba!