Cara Menggunakan Masker Bedah Yang Baik Dan Nyaman, Jangan Sampai Salah!

Menggunakan masker menjadi salah satu cara ampuh untuk mengendalikan penyebaran covid. Namun perlu anda tahu jika produk akan bekerja dengan baik jika dipasang dengan benar. Anda pun juga akhirnya akan merasa nyaman saat beraktivitas. Lantas sebenarnya, bagaimana cara menggunakan masker bedah yang benar dan nyaman? Cek selengkapnya!

Cara Menggunakan Masker Yang Benar

1. Menggunakan Masker Dengan Arah Yang Tepat

Masker memiliki sisi atas dan bawah yang terkadang terlihat mirip. Kondisi tersebut menyebabkan banyak pengguna masker yang terbalik, alias tidak menggunakan masker secara tepat. Cara agar tidak terbalik adalah dengan meraba bagian atas masker. Jika ada kawat yang terasa kaku, maka bagian tersebut adalah bagian atas yang digunakan untuk hidung. 

Sedangkan masker yang sisinya lembut tanpa kawat adalah bagian dagu. Pemasangan masker pun lebih baik digunakan dengan dua tangan agar sisi kanan dan kiri bisa seimbang. Ada kalanya masker tidak pas di tengah sehingga ada celah di bagian kanan dan kiri. Hal itulah yang perlu anda hindari agar bakteri dan virus tidak bisa masuk. 

2. Memastikan Jika Bagian Pengait Tidak Longgar

Masker digunakan dengan cara mengaitkan tali atau karet di sisi kanan dan kirinya dengan telinga. Material dari pengait ini pun beragam bahkan ada yang berupa tali biasa. Anda wajib menghindari masker bedah yang demikian, akan membuat masker gampang melorot. Cari saja item yang tali pengaitnya ketat namun tidak sakit saat dipakai. 

3. Menekan Bagian Penjepit Atau Klip Hidung

Banyak sekali pengguna masker yang tidak menjepit bagian hidung dan membuat sisi bagian atas tepat di tepi hidung cukup terbuka. Padahal perlu anda ingat, bahwa droplet bisa saja masuk dari sela sela bahkan yang terlihat kecil. Bakteri dan virus yang ukuranya sangat kecil bisa menyusui dan akhirnya masuk melalui hidung dan muit secara tidak disadari. 

Anda tidak perlu khawatir, karena semua masker medis dan surgical mask memiliki bagian klip hidung. Namun jika anda menggunakan daily masker, maka bagian ini bisa saja tidak ada. Sejatinya daily masker juga baik namun pastikan jika anda menemukan item yang BFE nya lebih dari 95%. BFE sendiri adalah tingkat kemampuan filtrasi bakteri, jadi semakin tinggi akan semakin baik.  

4. Mencuci Tangan Sebelum Pakai Masker

Mencuci tangan sebelum menggunakan masker bedah juga penting, agar bakteri dan kuman tidak menempel di permukaan masker. Namun sebelum itu, keringkan dulu tangan anda agar masker tidak basah dan nyaman saat digunakan. Mencuci tangan juga merupakan agenda wajib yang dilakukan saat anda hendak membuka masker.

Berbicara soal masker, maka Olaif adalah salah satu perusahaan online yang menjual surgical masker. Mereka juga menjual berbagai perlengkapan kebersihan dan personal care. Deskripsi item yang dijual sudah tertulis dengan jelas, sehingga anda tidak akan dibuat bingung. Daripada penasaran, yuk cek Olaif sekarang juga!