Cara Menggunakan Aplikasi Silsilah Keluarga

Trah adalah suatu kelompok individu yang memiliki kekerabatan satu sama lain dalam satu keturunan. Hal ini banyak kita jumpai di Indonesia dalam bentuk nama keluarga atau marga. Namun untuk mengetahui bagaimana keterkaitan satu sama lain perlu ditelusuri dengan membuat uraian silsilah.

Mungkin Anda pernah membaca sekilas tentang orang-orang terkenal yang setelah dapat di telusuri garis nasabnya keatas, ternyata masih keturunan bangsawan, sejarawan, tokoh masyarakat, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa Anda mungkin juga bisa menelusuri jejak leluhur Anda dan kekerabatannya, jika bisa mendapatkan data kekerabatan pada jalur keatas seterusnya sehingga dapat ditampilkan dalam bagan silsilah. Apabila hal tersebut masih merupakan kesulitan dalam pencarian data, maka setidaknya, dengan menggunakan bagan silsilah, Anda bisa menelusuri dari generasi teratas yang Anda ketahui hingga kini dalam keluarga Anda, sehingga anak cucu keturunan Anda tidak akan kehilangan lacak dari para leluhurnya. 

Silsilah Keluarga secara konvensional

Silsilah atau genealogy berdasar garis nasab adalah penelusuran jalur keturunan sebuah keluarga dimulai dari leluhur hingga ke generasi terkini.

Oleh orang-orang tua kita dahulu, silsilah keluarga biasanya disampaikan dalam bentuk cerita pendek secara lisan atau dengan dongeng kepada para anak cucunya, atau pada saat ada pertemuan keluarga. Ada juga foto album keluarga atau lukisan yang mungkin bagi anak cucu belum tentu dapat mengenalnya semua. Ini menjadi ibarat potongan puzzle yang berserakan. Jika Anda ingin mengetahui silsilah sesungguhnya, Anda memerlukan waktu khusus untuk mengumpulkan semua potongan puzzle tersebut hingga membentuk sebuah rangkaian yang utuh. 

Oleh karena itu agar hubungan nasab dalam sisillah keluarga dapat tergambar secara lebih jelas, akan lebih mudah maka perlu dibuat system yang memudahkan untuk melihat skema/bagan hubungan kekeluargaan (Familiy Tree atau Pohon Keluarga) secara utuh berdasar garis keturunan.

Pohon Keluarga

Family tree atau pohon keluarga adalah bagan yang menampilkan hubungan antar sebuah keluarga dalam satu garis keturunan yang sama. Anggota keluarga sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu nuclear family atau sering juga disebut core family, dan extended family. Nuclear family atau core family diterjemahkan sebagai keluarga inti, sedangkan extended family diterjemahkan sebagai keluarga besar.

Anggota keluarga yang termasuk ke dalam keluarga inti yaitu ayah, ibu, suami, istri, anak perempuan/laki laki, saudara perempuan/laki-laki. Sedangkan anggota keluarga besar adalah keluarga lain yang memiliki hubungan darah karena keturunan atau pernikahan. Anggota dalam extended family yaitu kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, keponakan laki-laki/perempuan.

Manfaat Mengenali Silsilah

Seberapa pentingkah mengenali silsilah keluarga? Ada banyak sekali manfaat mengenali silsilah keluarga.

1. Pewaris Budaya

Dengan mengenali silsilah keluarga maka tradisi di dalamnya bisa terus dipertahankan maupun dilestarikan. Banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka ternyata memiliki kekerabatan dengan trah sebuah budaya, misalnya keluarga keraton, keluarga bangsawan. Dengan mempelajari silsilah maka Anda bisa mempelajari nilai nilai tradisional yang baik di dalamnya, melestarikan semangatnya dan meneruskan kepada anak cucu Anda. 

 2. Mempererat Hubungan Kekeluargaan

Pengetahuan mengenai silsilah dapat mempererat hubungan kekeluargaan terutama keluarga yang memiliki kekerabatan dekat. Adakalanya terjadi bahwa saudara dekat yang tinggal dalam satu kota yang sama pun bahkan tidak saling mengenal karena ketidaktahuan soal silsilah. Dengan adanya catatan mengenai silsilah keluarga tentu akan lebih mudah untuk menelusuri keberadaan mereka. 

3. Penetapan ahli waris

Pada kondisi tertentu dimana misalnya seseoarang pasangan suami isteri tidak mempunyai keturunan langsung, penetapan hak sebagai ahli waris diperlukan bukti otentik hubungan silsilah keluarga yang terkait guna menetapkan siapa yang berhak menjadi pewaris.

Aplikasi Talinasab

Silsilah keluarga sering ditampilkan dalam bentuk bagan karena mudah dipahami, atau bisa juga dalam bentuk tulisan sebagai deskripsi. Akan tetapi bagaimanapun penggunaan bagan tentu akan lebih mudah dipahami dan dapat dibuat lebih detil.  

Seiring dengan perkembangan teknologi terkini, sekarang sudah ada cara yang lebih mudah untuk menyusun catatan dalam bentuk bagan silsilah keluarga, diantaranya cara menyusun bagan silsilah keluarga yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi android Talinasab yang bisa dibuka menggunakan smartphone. Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, Anda bisa men-download pada Google Play Store atau klik link https://bit.ly/talinasab. Aplikasi ini gratis, tidak dikenakan biaya dan bisa dibuka dimana saja, kapan saja, selama Anda dapat terhubung dengan internet.

Menyusun sendiri silsilah keluarga secara manual merupakan hal yang tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga, karena tentunya ada anggota keluarga yang Anda tidak tahu hubungannya dan siapa keturunannya. Untuk menambahkan catatan yang Anda tidak tahu, Anda bisa mengundang anggota keluarga yang lain untuk bergabung ke dalam aplikasi. Dengan demikian anggota keluarga yang diundang bisa menambahkan sendiri data profile nya.

Dalam satu garis keturunan/nasab cukup satu orang saja yang pertama mendaftar. Setelah itu Anda bisa mengirimkan undangan kepada anggota lain untuk bergabung. Setelah anggota keluarga yang diundang sudah berhasil login, selanjutnya dapat menambahkan data baru sendiri ke dalam silsilah. Dengan cara ini maka seluruh keluarga dapat saling berpartisipasi. Bagan silsilah yang panjang dan rumit bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah karena dapat dikerjakan secara bersama-sama.

Aplikasi Talinasab bisa digunakan oleh siapa saja. Anda bisa mulai menggunakan aplikasi lalu mengundang adik, kakak, sepupu, tante dan paman Anda. Melalui sepupu, Anda bisa mendapatkan banyak informasi baru. Daftar anggota keluarga dapat difilter berdasarkan key yang disediakan di dalam aplikasi, diantaranya misalnya Anda ingin mengetahui anggota keluarga dengan golongan darah A, maka daftar anggota keluarga dapat difilter berdasar golongan darah A. Filter semacam ini tentu sangat penting manakala ada anggota keluarga yang dengan segera memerlukan bantuan transfusi darah, meskipun hal semacam contoh ini diharapkan tidak akan terjadi.

Jadi, aplikasi ini bukan hanya sekedar untuk membuat bagan silsilah keluarga saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai media sosial yang exclusive dalam satu keluarga besar, karena disamping sistim filtering dan sorting anggota keluarga, dalam aplikasi ini juga terdapat tambahan fitur-fitur unggulan lainnya seperti forum komunikasi,  foto album sebagai gallery bagi seluruh keluarga, membuat undangan acara tertentu yang terkonfirmasi, notifikasi ulang tahun kelahiran dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi talinasab ini ?

Setelah Anda download aplikasi Talinasab, Anda bisa membuat akun untuk login. Panduan selengkapnya dapat dibaca melalui link https://www.talinasab.com/cara-kerja.html#readmore, atau dengan video tutorial pada https://bit.ly/tnasab-tutorial, Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada laman web nya pada https://talinasab.com

Nah, sekarang saudara Anda bisa bertambah lebih banyak dan bisa ditemukan dimana-mana. Jangan lupa, siapa tahu Anda masih keturunan bangsawan atau tokoh nasional di Indonesia bila anda dapat menemukan jalur keatas dari bagan sisillah yang sudah dapat Anda gunakan dengan mudahnya. Tetapi yang lebih utama sesuai motto aplikasi ini “Menyatukan seluruh keluarga dimanapun berada”, maka mudah-mudahan dengan menggunakan aplikasi ini saudara dan kerabat Anda akan Kembali menjadi dalam satu rumah keluarga besar “talinasab”.