Cara Memperkuat Sinyal Wifi Android

Cara memperkuat sinyal WiFi android tanpa aplikasi sekarang ini banyak dicari para pengguna smartphone untuk melancarkan pekerjaan. Apalagi saat ini tempat-tempat publik sudah dipenuhi dengan fasilitas WiFi, tentunya setiap orang tidak mau menyia-nyiakan fasilitas tersebut. Pasalnya, dengan fasilitas tersebut tentunya dapat menghemat paket data yang dimiliki.

Sayangnya, ada hal yang sering terjadi saat menggunakan WiFi publik semacam itu, yaitu sinyal menjadi lemah padahal sudah berada di lokasi yang dekat dengan jaringan. Kejadian semacam ini tentu tidak mengenakkan. Nah, untuk mengatasi itu semua, sebaiknya lakukan cara untuk memperkuat sinyal WiFi android! Namun, bukankah untuk melakukannya harus menggunakan bantuan aplikasi lain? Tentu saja tidak, berikut ini caranya:

1. Ubah Frekuensi Wifi

Cara memperkuat sinyal WiFi android tanpa aplikasi yang pertama adalah melakukan perubahan pada frekuensi jaringan WiFi menjadi frekuensi 5 GHZ. Dengan frekuensi tersebut akan membuat kecepatan jaringan akan pulih. Pasalnya, dalam frekuensi 5 GHZ memiliki resistansi yang tinggi serta spectrum pada ruang kosongnya.

Upaya ini dilakukan agar saluran jaringan WiFi tidak tumpang tindih dan tentunya kecepatan sinyalnya menjadi baik lagi. Langkah-langkahnya dimulai dengan menu setting-WiFi-advanced-WiFi pilih yang 5 GHZ only. Apabila bingung melakukan cara ini, sebaiknya baca panduan di berbagai referensi atau meminta bantuan kepada yang sudah ahli.

2. Lakukan Update Pada Perangkat yang Digunakan

Penyebab berkurangnya kecepatan jaringan WiFi yang terhubung biasanya juga disebabkan belum terupdatenya sistem pada perangkat yang digunakan. Untuk mengatasi hal itu tentu yang harus dilakukan adalah melakukan update pada perangkat yang dimiliki.

Pasalnya, dengan melakukan update sistem operasi android maka secara otomatis sistem jaringan juga akan terupdate. Maka kemudian, jaringan WiFi akan pulih kembali. Bagaimana caranya? Adapun caranya adalah buka menu setting pada perangkat yang digunakan, kemudian klik tentang ponsel dan pilih pembaharuan perangkat.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Wifi di Android

3. Ubah Pengaturan Dasar Perangkat

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal WiFi android tanpa aplikasi adalah melakukan perubahan pada sistem pengaturan dasar perangkat. Melalui perubahan tersebut akan membantu memperkuat frekuensi penerimaan pada jaringan WiFi yang tersedia. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah buka menu setting pada perangkat, pilih WiFi. Kemudian, klik advanced dan yang terakhir pilih item avoid poor connection.

4. Refresh Koneksi Wifi

Dengan melakukan refresh pada koneksi WiFi yang dimiliki juga akan membantu memperbaiki perlambatan kecepatan jaringan WiFi tersebut. Melalui refresh tersebut akan memperbaiki sinyal WiFi dan tentunya akan membaik.

Langkah-langkahnya adalah buka menu setting pada perangkat. Setelah itu pilih WiFi. Lalu, pilih saved networks, kemudian koneksi jaringan WiFi yang diinginkan dihapus atau dilupakan terlebih dahulu. Setelah itu sambungkan lagi.

5. Bersihkan Cache Pada Perangkat

Membersihkan cache, riwayat serta cookies pada browser perangkat juga menjadi salah satu langkah untuk memperbaiki kelambatan koneksi jaringan WiFi. Karena dengan menghapus hal tersebut akan meringankan browser dalam meningkatkan konektivitasnya. Dengan banyaknya cache, riwayat serta cookies bisa membuat beban browser menjadi berat dan berdampak pada koneksi jaringan WiFi yang terhubung dengan perangkat.

Perlambatan koneksi pada jaringan WiFi memang sangat membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, cara memperkuat sinyal WiFi android tanpa aplikasi bisa di atas diharapkan bisa menjadi solusi terhadap problem perlambatan koneksi. Terkhusus, lambatnya koneksi WiFi yang disebabkan perangkat. Adapun cara-cara  tersebut patut dicoba ketika koneksi WiFi yang terhubung tiba-tiba mengalami masalah. Selamat mencoba!

Mari dapatkan artikel menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com