Dunia Bisnis

Informasi

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli dan Palsu

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli dan Palsu – Cara membedakan emas asli dan emas palsu, Jadi bagaimana Anda tahu emas asli? Santai. Disini kita akan membahas bagaimana cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan. Emas palsu sekarang ada di pasaran. Pada saat yang sama, tidak semua orang memahami perbedaan antara emas asli dan emas palsu. Akibatnya, pembeli emas memiliki risiko yang lebih tinggi.

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli dan Palsu

Emas adalah produk investasi yang harganya cenderung stabil. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan gak bakal tergerus oleh inflasi. Sayangnya, kalau waktu beli seserahan pernikahan lagi, kamu ternyata malah dapat emas yang gak asli. Kalau seperti itu sih, bukannya untung, tapi malah buntung jadinya.

Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu Dengan Perhatikan Fisiknya

Cara membedakan emas asli dan palsu yang termudah adalah dengan melihat dari ciri fisiknya. Biasanya emas murni itu terdapat cap yang menandakan kadar emas. Nah, biasanya kadar emas menggunakan satuan fineness. Yang lazim dikenal pakai satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

Bagaiman Cara Mengetahui Emas Asli Dengan Cek Sertifikat Emas?

Cara termudah lainnya sebagai cara mengetahui emas asli adalah dengan memeriksa sertifikat emas yang kamu miliki. Bisa saja emas itu dilengkapi dengan sertifikat emas Antam palsu untuk menunjukkan seolah-seolah emas palsu itu asli, tapi kita gak menyadarinya. Buat mengetahui sertifikat Perhiasan Emas Asli atau palsu, letakkan saja di bawah sinar ultraviolet. Akan ada garis-garis minor warna-warni layaknya uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat.

Cek Perubahan Warna

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggesekkan jari ke area tertentu pada emas. Bila saat digosok warnanya berubah seperti pudar atau gak seragam, bisa dipastikan itu emas palsu.

Gigit emas

Sering dong melihat atlet olimpiade yang menggigit emas? Emas adalah logam yang lunak, jadi mudah banget buat dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, semakin lembut pula emasnya. Ciri khas dari emas ini bisa kamu jadikan cara mengetahui emas asli. Caranya adalah dengan menggigit emas tersebut. Bila ada bekas gigitan yang tertinggal, kemungkinan besar emas itu adalah asli. Sebaliknya, kalau keras banget dan gak ada bekas apa-apa, bisa jadi itu emas palsu.

Cek dengan Magnet

Selain logam yang lembut, emas juga gak bisa ditarik dengan magnet. Hal itu bisa kamu jadikan cara mengetahui emas asli. Jadi, kamu bisa menggunakkan magnet dengan kekuatan besar dan arahkan ke emas. Jika tertarik magnet, udah pasti emas itu emas palsu. Namun, menguji pakai magnet ini juga bukan jaminan 100 persen mengingat banyak logam lain yang bersifat nonmagnetik.

Goreskan Pada Keramik Atau Kertas

Cara membedakan emas asli dan palsu lainnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Emas asli gak bakal meninggalkan jejak jika digoreskan di kertas atau keramik. Lain halnya logam lain seserahan pernikahan yang bakal meninggalkan goresan. Cara ini emang terbilang cukup berisiko karena dapat merusak emas. Namun, kalau kamu bersedia mengambil risiko, ya silakan dilakukan. Demikianlah Artikel yang dapat saya buat tentang Cara Membedakan seserahan pernikahan dan Palsu semoga bermanfaat, terimakasih.