Cara Memanfaatkan Sosial Media sebagai Media Promosi

Social media marketing (SMM) adalah salah satu bentuk pemasaran online yang menggunakan media sosial. Pemasaran yang semacam ini sejatinya telah ramai digunakan karena lebih efisien bila dibandingkan dengan metode konvensional.
Pada dasarnya, social media marketing merupakan sebuah aksi pembuatan konten. Nah, konten inilah yang akan menarik perhatian masyarakat. Akhir-akhir ini, sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial seperti creative agency jakarta.
Cara Memanfaatkan Sosial Media sebagai Media Promosi
Angka tersebut menjadi fakta menarik sekaligus bukti bahwa media sosial memang tengah digandrungi oleh banyak orang. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa step dalam menerapkan strategi pemasaran online menggunakan media sosial:
1. Jalankan Audit Media Sosial
Pertama, Anda harus menganalisis apa yang dapat membuat bisnis berhasil. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum menjalankan strategi pemasaran di media sosial. Dengan begitu, Anda bisa memantau metrik-metrik yang penting untuk mengetahui perkembangan bisnis dan peluangnya.
Tidak hanya itu, Anda juga mampu mengenali kekurangan yang dapat diperbaiki segera agar strategi social media marketing yang dijalankan bisa lebih efektif. Oleh karena itu, social media audit sebaiknya dilakukan setiap kuartal atau per tiga bulan sekali.
2. Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik
Apakah sejauh ini Anda sudah memiliki tujuan dalam memasarkan sebuah produk? Nah, salah satu tujuan bagi setiap profesional pemasaran adalah meningkatkan kesadaran merek. Namun, tujuan saja tidaklah cukup, Anda harus menentukan metrik demi mencapai target yang telah dibuat.
Menurut filosofi SMART, cara ideal untuk menentukan metrik yaitu specificmeasurableachievablerealistic, dan time bound. Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, maka metrik yang ideal untuk tujuan tersebut adalah followers media sosial yang dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu.
3. Meneliti Target Audiens
Berdasarkan sebuah studi baru-baru ini, lebih dari sepertiga pemilik bisnis mengalami kesulitan dalam merancang materi pemasaran yang efektif. Selain itu, setengah dari pemilik bisnis juga tidak mengetahui bagaimana cara menjangkau calon konsumen.
Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengidentifikasi target audiens dengan baik. Pada akhirnya, Anda akan mendapati produk apa yang bisa Anda tawarkan dan berapa harga yang harus ditetapkan untuk produk tersebut.
4. Menentukan Strategi Konten
Strategi konten yang rinci dan tepat sasaran sangat dibutuhkan agar pemasaran yang Anda lakukan berhasil. Menyusun strategi ini merupakan sesuatu yang amat berharga karena akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Untuk mengawali penyusunan strategi konten, Anda harus mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai. Contoh tujuan yang umum dipakai dalam perancangan strategi ini adalah menumbuhkan awareness terhadap produk, mendukung pelanggan, dan mengubah persepsi publik.
5. Menentukan Strategi Media Sosial secara Berbayar
Jika hanya mengandalkan organic traffic, maka bisnis Anda akan bertumbuh dengan lambat. Nah, itulah mengapa sebagian besar pebisnis dewasa ini memanfaatkan fitur iklan berbayar di masing-masing media sosial.
Dengan memasang iklan di media sosial, audiens yang mengklik iklan tersebut akan diarahkan langsung ke website sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan. Bahkan, Anda pun bisa langsung menghasilkan penjualan melalui iklan berbayar tersebut.
6. Memantau, Mengukur, dan Mengoptimalkan
Selanjutnya, langkah terakhir dalam menerapkan strategi pemasaran online menggunakan media sosial adalah memantau media sosial Anda secara terus-menerus. Artinya, Anda harus sering mengamati dengan teliti apa yang berhasil dan fokus untuk melakukan lebih dari itu.
Apabila Anda mendapati beberapa aktivitas yang tidak berfungsi, maka sebaiknya dihentikan. Sebab, pada dasarnya semua proses tersebut berasal dari eksperimen. Oleh karena itu, Anda perlu memodifikasi pendekatannya secara berkelanjutan hingga mencapai titik yang tepat.