Dunia Bisnis

Cara Memandikan kucing
Informasi

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan kucing

 

Siapa nih yang punya kucing atau bahkan pecinta kucing?  Nah buat kalian para pecinta kucing  simak cara memandikan kucing dibawah ini…

Kebersihan sangat penting bagi kita semua termasuk juga penting untuk hewan peliharaan misalnya kucing . Tubuh kucing perlu diberihkan karena kita tida tahu kuman atau kotoran apa yang menempel di tubuh kucing saat mereka bemain di luar sana . Oleh karena itu kita perlu memandikan kucing  minimal 2 minggu sekali ,intina jangan terlalu sering  kecuali jika sedang sangat kotor.

Berapa kali kucing  mandi sebenarnya harus disesuaikan dengan perilaku dan keadaan kucing. Bagi yang tinggal di dalam  rumah atau kandang bisa dimandkan 2 minggu sekali . Namun jika kucing sering kotor atau biasanya suka berguling guling di tanah ,itu biasnya kan kotor jadi harus dimandikan agar tetap bersih dan kucingpun bisa shat..

Untuk yang belum tahu cara memandikan kucing  , berikut ini adalah cara memandikan kucing :

1.Siapkan Air Hangat                      

Terkadang ada kucing yag sensitif dengan air dingin makanya pakai air hangat agar kucing tidak kedinginan. Tetapi jika kucing tidak sensitif maka boleh menggunakan air dingin. Air hangat yang digunakan sekitar 35-39 derajat sudah bisa dan jangan terlalu panas kita bisa mengaturnya dengan menggunakan Water heater .  Disisini saya menggunakan  Elterra Water Hater yang harganya lebih terjangkau dan kualitas oke. Dengan itu kita bisa menggunakannya untuk memandikan kucing dengan air hangat.

Dan jika perlu ajak teman atau saudaramu untuk ikut memandikan kucing karena biasanya ada kucing yang susah untuk dimandikan . Jadi dengan adanya dua orang yang ikut memandikan kucing itu bisa mudah dimana yang satu memegangi kucingnya dan yang satu lagi memandikan kucing .

2.Siapkan pijakan atau Tempat untuk kucing berpijak

Gunakan pijakan atau tempat untuk kucing agar nyaman saat dimandikan , biasanya berupa ember atau dipinggir bathup .  Hal ini juga penting karena besar kemungkinan kucing bisa saja memberontak dan lari. Oleh sebab itu ,usahakan pijakan atau tempat yang aman dan tidak licin agar saat kucing memberontak tidak akan membuatmu tercakar dan terpeleset saat kucing bergerak dengan tiba tiba.

3.Basahi Tubuh Kucing

Jika ada maka gunakan selang semprot saat memandikan kucing ,dan itu bisa di atur suhunya sesuai point nomor 1 di atas. Namun jika tidak ada ,cukup gunakan gayung atau ember.  Yang terpeting menggunakan air hangat.

Tapi berhati hati saat menyiramkan air pada kucing jangan sampai mengenai Telinga ,Mata, dan hidung . Karena itu area yang cukup sensitif dan penting .Jadi kita harus hati hati saat memandikan kucing kita. Jika ingin membersihkan area tersebut maka bersihkan saat selesai mandi saja setelah bulunya kering.

4.Beri Sampo

Selanjutnya adalah memberi sampo pada bulu kucing agar bulu bulu kucing tetap sehat dan tidak berkutu. Gosokkan pelahan dengan lembut dan penuh kasih sayang  agar kucing bisa nyaman tidak memberontak. Dan berhati hatilah agar sampo tdak mengenai mata kucing , karena jika mengenai mata kucing akan merasa kesakitan.

Shampo yang digunakan untuk mandi kucing  adalah sampo khusus jangan gunakan shampo manusia. Karena itu bisa merusak kesehatan bulu kucing . Karena sampo kucing dengan sampo manusia bahannya berbeda.

5.Bilas dengan lembut dan Penuh Kasih Sayang

Setelah selesai memberikan sampo pada  kucing dan yakin sudah bersih semua maka saatnya membilas kucing dengan air hangat juga dengan cara lembut . Pertama ambil selang semprot jika ada ,jika tidak ada ambil air hangat  dan guyur kucing dengan perlahan dan ingat jangan samapai air terkena mata, telinga dan hidung kucing. Guyur dari bagian leher kebelakang.  Pastikan sampai tidak ada busanya,  setelah selesai bersihkan juga kepala kucing dengan berhai hati . Dimulai dari wajah ,mata,hidung,mulut,dan telinga.  Bersihkan dengan hati hati khusus untuk bagian telinga bisa dibersihkan nanti setelah selesai dengan menggunakan kapas atau cutton bad. Yuk ikuti tahap selanjutnya .

  1. Keringkan Dengan Handuk

Stelah selesai ke 5 langkah diatas dn sudah pasti kucig sudah bersih maka lngkah selanjutnya adalah mengeringkan bulu kucing dengan handuk atau kain tebal yang menyerap air. Karena jika bulu kucing tidak dibersihkan maka kucing akan sakit .

Jadi diushakan agar bulu kucing kering secepatnya ,bisa juga kucing ditaruh ditempat yang terkena sinar matahari agar bulunya cepat kering dan kucing bisa sehat.

  1. Beri Hadiah dan Bermain Bersamanya

Setelah selesai semua dan kucing sudah kering dan kucing tidak memberontak maka berilah hadiah semisal makanan atau cemilan khusus kucing .Dan juga beri mereka waktu dengan kita untuk bermain agar kucing senang dan tidak murung.

 

 

Sebenarnya kucing juga bisa mandi sendiri yaitu dengan jilatan lidah. Menjilat tubuh kucing merupakan cara alami kucing dalam membersihkan tubuhnya. Hanya saja jika kucing terliat kotor kita harus memandikannya tapi jangan terlalu sering.

Baca juga : Handal Water Heater