Dunia Bisnis

penyakit asam urat
Kesehatan, Tips Trik

15 Cara Herbal Atasi Masalah Asam Urat

Sumber foto : pixabay

Asam urat merupakan masalah kesehatan dimana ditandai dengan adanya gejala sakit, nyeri, peradangan, rasa panas hingga pembengkakan pada bagian persendian. Baik itu di persendian lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan di sendi-sendi jari. Pada kasus akut penderita asam urat bahkan tidak bisa menggerakkan persendian tubuhnya.

Namun kamu tak perlu khawatir pada dasarnya ada banyak jenis tanaman yang mempunyai khasiat dalam meredakan penyakit asam urat. Berikut ini beberapa tanaman yang diklaim mampu meredakan masalah asam urat diantaraya.

1. Daun Sirsak

Daun sirsak adalah jenis dedaunan yang memiliki banyak kemampuan dalam mengobati yang salah satunya bisa mengatasi masalah asam urat yang sedang melanda.

Tak perlu repot-repot dalam mengolahnya cukup rebus sekitar 5-10 lembar daun sirsak bersamaan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya berkurang separuh. Minum air rebusan daun sirsak tersebut sebagai obat asam urat sebanyak dua kali sehari secara teratur.

2. Daun Salam

Daun salam pada umunya lebih dikenal sebagai bumbu dapur, namun tahukah kamu bahwa daun salam juga bisa untuk meredakan sakit dari asam urat loh. Daun salam memiliki kandungan zat tanin, astiri, flavonoid dan alkaloid yang berguna dalam meningkatkan fungsi kinerja ginjal sekaligus memperlancar serta menambah produksi laju urin.

Selain itu sifat antiinflamasi dan antioksidan pada daun salam juga akan berpengaruh terhadap menghentikan peradangan dan pembengkakan pada area sendi.

3. Sayur Seledri

Seledri yang biasa kita makan juga bisa loh mengurangi dampak dari asam urat. Seledri kaya akan kandungan mineral berupa fosfor, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, apiol, glikosida, apiin dan falvonoid.

Selain itu adanya glikosida yang bisa menjadi obat asam urat alami sekaligus mencegah beebrapa permasalahan pada aarea sendi lainnya.

Kamu bisa mendapatkan khasiat daun slederi dengan cara merebusnya, yang kemudian di konsumsi dua kali sehari.

4. Madu dan Nanas

Tahukah kamu bahwa meminum jus nanas yang di campurkan dengan beberapa sendok madu bisa menjadi obat alami dalam mengurangi dampak peradangan dari asam urat.

Walau cara satu ini tidak terlalu efektif namun mengkonsumsi nanas dan madu bisa menjadi alternatif pencegahan masalah nyeri sendi.

5. Tanaman Sambiloto

Berikutnya yang bisa mengatasi asam urat ialah sambilto. Tanaman Sambiloto sudah dikenal sebagai tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat herbal tradisional. Sambiloto mengandung senyawa aktif berupa aldehid, keton, alkane, flavanoid serta beberapa mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh sekaligus juga sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat.

Cara mengolahnya cukup mudah, rebus daun sambiloto bersamaan dengan dua gelas air, tunggu airnya berkurang separuh lalu tiriskan, konsumsi air rebusa daun sambiloto secara teratur hingga nyeri asam urat sembuh.

6. Menggunakan Teh Hijau

Selain mampu menurunkan lemak dan kolesterol didalam tubuh, teh hijau juga bisa mengurangi dampak dari peradangan asam urat loh. Hal ini karena teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, vitamin C serta kandungan lainya yang bersifat antioksidan.

Beberapa kandungan tersebut diketahui efektif dalam mencegah timbulnya asam urat serta bertindak sebagai antiinflamasi dan mencegah peradangan pada area sendi menjadi lebih parah.

7. Tanaman Brotowali

Tanaman yang dikenal dengan rasanya yang super pahit ini bisa kamu manfaatkan sebagai obat alternatif herbal dalam mengatasi masalah asam urat dan peradangan di dalam tubuh.

Di samping itu brotowali juga dapat menurunkan hipertensi, mengurangi kadar kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas tubuh dan masih ada banyak lagi manfaatnya.

8. Tanaman Sidaguri

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahui tanaman satu ini, sidaguri umunya digunakan sebagai bahan baku campuran obat tradisional dan biasa dipakai untuk mengobati infeksi pada kulit.

Disamping itu tanaman sidaguri juga dapat meredakan nyeri akibat asam urat.

Cara mengolahnya sama dengan mengolah daun sirsak diatas dimana daun sidaguri di rebus yang kemudian airnya di minum secara rutin.

9. Tanaman kumis Kucing

Selanjutnya ada tanaman kumis kucing untuk mengatasi asam urat.

Adanya kandungan zat orthosiphonin glikosida dan diuretik pada tanaman satu ini sehingga dapat berguna dalam merangsang pengeluaran asam urat dan mineral yang berlebihan melalui urin.

10. Akar Jahe

Jahe adalah tanaman obat herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah nyeri dari asam urat seperti inflamasi pada sendi. Kamu bisa menggunakan khasiat tanaman jahe sebagai obat alternatif dengan cara mengkonsumsi air rebusan jahe.

Cara kedua kamu bisa membakar akar jahe kemudian tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada area sendi yang terasa nyeri.

11. Tanaman Dandelion

Beberapa olahan makanan atau minuman yang mengandung ekstrak dari tanaman dandelion dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh yang berlebihan.

Selain itu tanaman dandeliun juga untuk bisa menurunkan kemungkinan penyakit ginjal karena asam urat.

12. Madu Hitam

Selanjutnya kamu bisa menggunakan madu hitam. Sama halnya dengan tanaman dandelion, madu hitam juga dapat berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ ginjal dan beberapa organ penting lainya di dalam tubuh.

Untuk itu kamu bisa mencoba mengkonsumsi madu hitam dalam mencegah timbulnya kembali masalah asam urat.

13. Buah Pisang

Tahu kah kamu bahwa kandungan kalium dan potasium yang ada do dalam buah pisang bisa mencairkan kristal asam urat yang menumpuk di bawah kulit dan area persendian. Penumpukan mineral tersebut akan di keluarkan bersamaan dengan urine.

Di samping itu kandungan vitamin C pada buah pisang juga bisa mengurangi dampak dari nyeri dan inflamasi ketika asam urat kambuh.

14. Tanaman Kunyit

Siapa sih yang tidak mengenal dengan kunyit. Kunyit di kenal dengan kandungan senyawa curcumin dalamnya, kandungan tersebut efektif dalam mengatasi nyeri ketika asam urat mulai datang. Hal ini di karenakan kurkumin bersifat anti-inflamasi dan antiradang yang sangat baik untuk tubuh.

15. Cuka Apel atau Apple Cider Vinegar

Cara mengatasi asam urat selanjutnya ialah menggunakan cuka apel atau lebi dikenal dengan sebutan apple cider vinegar. Hal ini dikarenakan cuka apel dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan dari inflamasi dan pembengkakan pada sendi karena asam urat.

Untuk dosis pemakaian harian, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh cuka apel dengan segelas air hangat, lalu di konsumsi secara teratur disetiap harinya hingga sembuh.

Nah Itulah beebraoa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat dalam mengatasi asam urat secara alami. Referensi www.healty99.com