Cara Budidaya Tanaman Hias Petunia

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menanam petunia dari biji. Bagi pecinta tanaman hias, petunia tentu merupakan bunga yang tidak asing lagi. Bunga kecil berbentuk terompet ini sering mendapat banyak perhatian karena kombinasi warna bunganya. Banyak penghobi yang menggunakan petunia sebagai tanaman hias gantung yang menarik, karena petunia sendiri merupakan jenis bunga yang tumbuh. Selain itu, petunia juga cocok untuk patio atau balkon di dekat halaman. Dengan cara ini, mata Anda akan segar kembali saat Anda bersantai di pagi atau sore hari.

 

Perlu Anda ketahui bahwa petunia berasal dari daerah dataran tinggi yaitu pegunungan. Jadi jika Anda tinggal di dataran rendah, maka bunga cantik ini mungkin tidak cocok untuk Anda. Jadi, Anda juga harus memperhatikan lingkungan Anda sebelum menanam, karena ini tentu saja akan mempengaruhi pertumbuhan petunia di masa depan. Jadi, untuk pembibitan petunia, Anda bisa menggunakan bibit petunia dalam bentuk biji atau seed. Menanam petunia dari biji tidak semudah itu, tetapi jika Anda berhasil, tentu saja Anda akan mendapatkan lebih banyak petunia, dan metode ini juga membutuhkan sedikit biaya. Adapun cara menanam berupa langkah-langkah sebagai berikut:

 

penaburan

 

Cara menabur benih petunia sebaiknya dilakukan di ruangan bersuhu 21-29 derajat celcius. Sebelumnya, pilih jenis petunia yang ingin Anda tanam, lalu pilih bibit petunia yang sehat. Sebarkan benih petunia di nampan pembibitan atau wadah pot berisi tanah dan Spaghnum Moss. Cobalah untuk menyisakan sedikit ruang untuk setiap benih agar tidak saling tumpang tindih saat tunas tumbuh. Tekan perlahan benih agar tercampur dengan media tanam. Setelah itu, tutup dengan plastik bening dan simpan di tempat yang hangat terhindar dari sinar matahari langsung. Biji petunia biasanya akan berkecambah saat berumur 7-10 hari.

 

Merawat Kecambah Petunia

 

Biji mulai berkecambah setelah tanam, rawat kecambah. Caranya adalah dengan membuka tutup plastik bening saat proses penyemaian. Pindah ke tempat yang terang dan sejuk. Suhu ideal untuk kuncup petunia adalah sekitar 17 derajat pada siang hari dan 12 hingga 18 derajat Celcius pada malam hari. Kemudian, Anda perlu menempatkan kuncup petunia di bawah lampu neon. Tempatkan 10-15 cm dari cahaya. Berikan cahaya ini 16-18 jam sehari.

 

Pindahkan kecambah ke dalam pot

 

Jika kecambah petunia memiliki 3-4 helai daun asli, artinya Anda harus memindahkannya ke setiap pot dengan media gambut. Pindahkan setangkai ke dalam pot.

 

Merawat Tanaman Petunia

 

Tanaman petunia Anda membutuhkan nutrisi yaitu pupuk. Proses pemupukan dilakukan sebulan sekali untuk menghindari pemupukan yang berlebihan. Terutama petunia dengan banyak kelopak, pupuk setiap dua minggu. Kemudian, untuk keperluan penyiraman, sirami petunia yang merayap lebih dari sekali seminggu. Lakukan penyiraman yang tepat di pangkal tanaman. Jangan menyirami tanaman atau bunga secara langsung.

 

Hindari Penyakit dan Pengendalian Hama

Penyakit tanaman ini biasanya berupa jamur yang melunakkan dan membusukkan tanaman. Jika Anda tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi, kendalikan cara Anda menyiram. Jangan biarkan tanaman petunia Anda menjadi terlalu berlumpur. Kemudian untuk hama seperti ulat dan kutu daun yang menimbulkan bercak pada daun, hilangkan dengan cara menyemprot tanaman petunia dengan insektisida.

 

Nah, ini dia langkah-langkah yang bisa kamu ikuti jika ingin menanam bunga yang menawan ini. Setelah Anda tahu cara menanamnya, Anda akan memiliki banyak petunia yang tumbuh di rumah Anda. Oleskan ke pot gantung agar lebih menarik, dan Anda dapat mengikuti tip perawatan petunia kami yang disesuaikan.

Baca juga all about gardening