Budidaya Tanaman Kakao Berpotensi Menjadi Pohon Uang

Budidaya Tanaman Kakao Berpotensi Menjadi Pohon Uang

Budidaya Tanaman Kakao Berpotensi Menjadi Pohon Uang – Tanaman Kakao adalah penghasil buah kakao yang dimana biji dari buah kakao akan dioolah untuk menjadi cokelat. Seperti yang anda ketahui cokelat berawahl dari sebuah biji yang diolah sedemikian rupa hingga terbentuklah rasa dan bentuk yang unik. Membudidayakan tanaman kakao sangatlah mudah faktor yang menjadi pendukung dari hal ini adalah karena Indonesia memiliki iklim tropis. Hal ini yang menyebabkan Indonesia menjadi negara penghasil kakao terbesar keenam. 

Chocolatepixels – Kakao merupakan tanaman yang ditemukan di Dataran Meksiko, dapat mencapai ketinggian hingga 10 meter. Kakao dapat diolah menjadi kokoa, kokoa adalah minuman cokelat yang diberikan campur

an gula dan susu. Tentunya produk ini juga menjadi favorit bagi banyak orang. 

Hal Penting Wajib Dalam Menanam Tanaman Kakao

Media paling penting untuk menanam tanaman yang utama adalah kondisi tanah. Tanah merupakan hal yang tidak bisa kita sepelekan, memilih tanah yang salah maka kerja keras anda akan sia – sia. Carilah lahan dengan tanah yang memiliki  pH normal, terdapat lempung liat, dan bersifat gembur. Fakta unik di balik kakao adalah, kakao tidak dapat terkena sinar matahari yang terlalu terik. 

Lahan 

Tanaman kakao adalah tanaman yang paling sensitif, tanaman ini tidak dapat karena sinar matahari yang berlebih dan hama atau tanaman liar penganggu. Perawatan rutin untuk membersihkan rumpur liar sangatlah diperlukan. Jika anda membuat lahan itu berarti anda menanam lebih dari satu hingga lima pohon. Tidak menjadi masalah selama lahan anda cukup dan gunakan jarak antara satu dengan yang lain. 

Baca juga berita lainnya di Chocolatepixels

Bibit 

Pilihlah bibit yang berkualitas, jika anda ingin membelinya dari toko – toko. Ada 2 cara dengan vegetatif dan generatif. kedua cara ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing- masing. Tidak semua bibit dapat menggunakan cara dari vegetatif, cara ini memerlukan tanaman dengan usia 4-6 bulan dimana bibit mencapai tinggi 50 cm dengan diameter batang minimal 8 mm. Generatif saat ini dianggap cara pembudidayaan paling mudah ketimbang menggunakan vegetatif. 

Bibit yang sudah siap letakan ke dalam tanah, sangat disarankan apabila menanamnya ketika musim hujan. Selalu jaga bibit dari rumput liar atau tanaman penggangu lainnya. Rajin menyemprotkan anti hama dan menyiram tanaman secara berkala. Lakukan pemupukan setelah tanaman berusia 2 – 3 bulan, pupuk yang digunakan adalah pupuk urea. 

Masa Panen Kakao

Buah kakao biasa nya akan panen dalam umur ke 5 atau 6  bulan. Waktu yang baik untuk melakukan pemetikan adalah ketika pagi hari saat matahari bersinar tidak begitu terik. Ketika matahari terik anda bisa membelah buah kakao dan menjemur biji kakao yang ada dalam buah kurang lebih 3 hari cuaca cerah. Setelah proses fermentasi selesai anda bisa olah sendiri atau menjualnya ke pengumpul.