Bisnis Restoran Unik di Tengah Hutan Jayapura

Biasanya, orang membangun restoran dengan memilih lokasi yang strategis, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan dan mengaksesnya. Namun, bagaimana jika ada sebuah restoran yang dibangun secara sengaja di tengah hutan? Siapa sajakah yang akan datang ke sana? Di Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, terdapat sebuah restoran bernama Ungkea Jungle Resto yang dibangun di tengah-tengah hutan.

Bukan hanya itu, perabotan café-nya juga berasal dari alam, termasuk cangkir dan teko yang terbuat dari batok kelapa. Wadah makanan juga terbuat dari sempe (tanah liat). Bahan makanan yang digunakan juga berasal dari alam dan diolah tanpa menggunakan minyak.

Restoran ini menyediakan berbagai menu asli Papua yang memiliki rasa unik dan lezat. Anda juga dapat menikmati makanan lezat dengan pemandangan pohon-pohon hijau yang indah yang mengelilingi restoran.

Untuk sampai ke restoran ini, pengunjung harus berjalan kaki selama 10 menit melalui jalan setapak. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi dengan barisan pohon sagu yang tumbuh subur di daerah tersebut.

Saat sampai di lokasi, jangan berharap untuk melihat bangunan yang kokoh terbuat dari batu dan semen. Bangunan restoran sangat tradisional, terbuat dari bambu dan daun sagu. Meja dan kursi terbuat dari kayu. Di sudut-sudutnya, terdapat tempat sampah yang terbuat dari daun sagu yang dikait. Tapi, jangan khawatir, bukan hanya bangunannya yang alami, hampir semua peralatan makan juga sangat ramah lingkungan. Cangkir dan piring terbuat dari batok kelapa, dan wadah makan terbuat dari tanah liat. Bahkan, menu makanannya disajikan dengan cara tradisional, tanpa menggunakan minyak.

Nah, jika kamu makan di sini dan masih memiliki banyak makanan sisa, tentu kamu dapat membawanya pulang. Bukan seperti bungkusan bungkusan menu catering nasi kotak Surabaya atau di kota-kota besar lain yang membungkus nasi dengan box bento, box plastic, ataupun kertas minyak, tetapi menggunakan Olong, tas yang dijalin dan terbuat dari daun pohon sagu. Jalinannya sangat kuat, sehingga kamu tak perlu takut makanan akan jatuh.

Berdasarkan ulasan Google, restoran ini mendapatkan rating bintang tinggi 4,7. Bagi mereka yang ingin mencoba pengalaman baru, langsung saja datang ke restoran yang buka setiap hari pukul 07.00–21.30 WIB.