Dunia Bisnis

Informasi

Belajar Huruf Vokal dan Konsonan

Huruf vokal adalah huruf yang menggunakan huruf a, i u, e, o. Sedangkan huruf konsonan adalah huruf yang memiliki akhiran mati, seperti ng, m, k, r dan lain sebagainya. Kedua huruf ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Karena keduanya memang selalu bersama. Tidak heran banyak orang tua yang mengharuskan anaknya belajar huruf vokal dan konsonan.

Belajar Huruf Vokal dan Konsonan

Cara Belajar Huruf Vokal dan Konsonan dengan Baik

Bagi Anda yang telah mengetahui apa itu huruf vokal dan konsonan, maka sekarang adalah waktunya untuk mempraktekkan hasil belajar pengertian tadi. Pembaca dapat melakukan berbagai cara dan latihan agar bisa melakukan praktek dalam hal ini.

  1. Membuat Latihan Bermain Kata

Salah satu hal yang bisa digunakan sebagai sarana untuk belajar mengenai huruf vokal dan konsonan adalah dengan melakukan latihan bermain kata. Latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cara memainkannya juga cukup mudah, membutuhkan 4-5 orang saja.

Bermain kata dapat menjadi latihan untuk menjadi kunci keberhasilan dalam belajar. Tidak terkecuali bagi anak-anak yang ingin belajar huruf vokal dan konsonan. Sebagian besar orang pasti mengabaikan ini, karena menggapnya kurang penting, padahal ini menjadi mainan edukasi Islami.

  1. Membiarkan Anak untuk Mengeja Apapun yang Dilihatnya

Selanjutnya adalah membiarkan anak untuk mengeja apapun yang dilihatnya. Ini dapat menjadi latihan pribadi untuk menambah kosa kata dalam kamus anak. Setidaknya mereka dapat memahami makna huruf vokal dan konsonan yang dipelajarinya.

Berikan pengajaran yang mudah dan tidak menyulitkan mereka. Karena anak-anak tersebut masih dalam masa pembelajaran, tentu mereka akan banyak berpikir untuk bermain daripada belajar. Tapi, inilah yang menjadi sisi keunikannya.

  1. Melakukan Permainan Menyusun Kata

Selanjutnya adalah melakukan permainan menyusun kata. Dengan membuat kata-kata seperti ini, dapat membantu anak untuk memahami makna dari huruf vokal dan konsonan. Berikan juga pengertian yang sederhana agar mereka bisa mengerti.

Perbedaan kedua huruf ini hanya terletak pada vokal yang digunakan saja. Jadi, Anda bisa menjelaskannya dengan mudah kepada anak-anak sekalipun. Tetapi, perlu juga untuk menunjukkan sedikit contoh kepada mereka. Pakai juga produk lamphabet untuk membantu Anda.

Demikian penjelasan mengenai belajar huruf vokal dan konsonan. Bagi Anda yang tertarik dengan ulasan ini, mungkin sedikit uraian di atas dapat membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di pikiran pembacanya. Sekian dan semoga dapat bermanfaat.