Dunia Bisnis

Kesehatan, Tips Trik

Beberapa Makanan Dan Minuman Penurun Kolesterol.

Penurun Kolesterol – Kolesterol adalah bagian dari lemak yang penting dan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk pembentukan jaringan sel-sel, melindungi sistem saraf tubuh serta menajaga kinerja organ dalam tubuh agar tetap normal.

Akan tetapi lain lagi jika jumlah kolesterol melebihi dari batas normal, terlebih lagi jensi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau lebih tepatnya kolesterol jahat.

Meningkatknya kadar kolesterol jahat dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan loh. Pasalnya jenis kolesterol satu ini mampu memicu risiko seseorang untuk terkena penyakit stroke, jantung dan darah tinggi.

Pada dasarnmya ada beberapa faktor pemicu meningkatnya jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh, namun yang paling banyak bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kurang sehat dan gaya hidup yang kurang baik.

Namun kamu tak perlu khawatir, memang ada banyak makanan yang bisa memicu meningkatknya kadar kolesterol, dan begitu juga sebaliknya, beberapa jenis makanan juga bisa berdampak baik dengan menurunkan jenis kolesterol jahat didalam tubuh.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang mampu menurunkan kolesterol.

1. Sayura-sayuran hijau

Yang pertama adalah sayur-sayuran hijau, beberapa jenis sayuran seperti seperti bayam, brokoli, arugula, sawi hijau dan kangkung, terbukti mampu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Hal ini dikarena sayuran hujau mengandung antioksidan dan serat tinggi, serta dapat berguna untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga dapat mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2. Buah pisang

Tahukah kamu bahwa pisang dapat mendukung dam menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh.

Hal ini dikarenakan terdapnya kandungan zat inulin pada buah pisang yang berguna dalam mengurangi kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

Tentunya hal ini jika dikonsumsi secara teratur disetiap harinya dapat membantu kamu dalam upaya mengendalikan kadar kolesterol.

3. Kacang-kacangan

Selanjutnya makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah keluarga kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dapat menjadi asupan sehat, terutama untuk membantu menurunkan sejumlah kolesterol jahat didalam tubuh, selain itu adanya kandungan fitosterol di dalam kacang mampu menyerap dan mengurangi kolesterol jahat di dalam darah.

Artikel lainya : Cara mudah meredakan nyeri asam urat

4. Oat meal

Oat merupakan makanan yang terbuat dari gandum murni. Adanya kandungan beta glucan pada gandung yang mampu menurunkan dengan cara menyerap kolesterol jahat dalam darah.

Disamping itu beta glucan juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol berasal dari makanan sehari-hari yang kamu konsumsi.

5. Teh hijau murni

Mengkonsumsi teh hijau murni diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam darah.

Selain itu kandungan catechin pada daun teh hijau diketahui dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat kedalam tubuh.

6. Susu kedelai

Selain teh hijau, minuman lain yang juga bisa mengendalikan kolesterol jahat ialah susu kedelai.

Didapati adanya kandungan isoflavon pada kacang satu ini yang berguna dalam membantu menurunkan jenis kolesterol di dalam tubuh.

Tak selalu mengkonsumsi susu kedelai saja, beberapa makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai seperti tempe dan tahu juga mengandung isoflavon, yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Namun kamu tidak bisa hanya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Kamu juga harus mendukungnya dengan berolahraga serta hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan meminum alkohol. Infomenarik