Dunia Bisnis

Tips Trik

Banyak Usaha Dihajar Wabah, Coba Aplikasikan 5 Taktik Digital Pemasaran Ini

Kujungi website www.nasyadigital.com  Jika anda mau mendapat konsultasi gratis lebih lanjut terkait pengembangan digital marketing. Kami siap membantu anda.

Wabah Covid-19 yang tidak juga selesai memberinya imbas serius di bidang ekonomi, khususnya pada aktor usaha. Banyak usaha yang tidak untung bahkan juga tutup, dan sudah pasti PHK jadi tidak terhindar. Terhitung UMKM dan bidang ril (yang dahulu disebut ‘kebal’ saat kritis 1998), turut terserang imbas dari wabah ini, seperti usaha restaurant, ritel, tempat rekreasi, hotel, dan usaha yang lain.

 

Untuk Anda yang usahanya turut terdampak oleh wabah Covid-19, salah satunya taktik yang dapat dilaksanakan supaya bisa bertahan dengan memaksimalkan digital pemasaran.

Di saat wabah ini lebih banyak orang yang kerja di rumah dan habiskan waktu lewat cara online, hingga penting untuk perusahaan Anda untuk selalu tersambung sama mereka secara digital.

Tetapi sayang, banyak aktor usaha yang tidak demikian memahami langkah lakukan digital pemasaran. Bila ingin memakai jasa digital agen juga, sering harga relatif mahal, khususnya untuk UMKM.

1. Digital Pemasaran ialah Harus

Bila awalnya Anda berasa digital pemasaran tidak begitu penting untuk usaha Anda, karena itu ketika kritis semacam ini, Anda harus pikirkan ulangi fokusnya.

Eksekusi digital pemasaran akan mengikutsertakan banyak faksi di perusahaan Anda, akan susah sukses bila semua team tidak satu suara, khususnya dari tingkat pimpinan. Semuanya wajib sepakat dan setuju dahulu jika ketika semacam ini digital pemasaran sebagai cara vital usaha supaya bisa bertahan.

2. Mulai Optimalkan Digital Asset

Digital asset itu misalnya ialah web, account sosial media, sampai account marketplace perusahaan Anda. Coba direview kembali, apa perusahaan Anda telah mengoptimalkan semua digital asset yang dipunyai, atau baru sekadar “yang perlu ada”?

Anda tidak harus mempunyai semua digital asset, cukup yang berkaitan lewat produk atau jasa Anda. Apabila terhalang bujet, karena itu Anda dapat tentukan yang paling diperlukan dahulu. Contoh, bila usaha Anda ialah UMKM yang jual mebel, Anda mulai bisa mengoptimalkan account marketplace Anda dan sosial media untuk tampilkan beberapa produk Anda.

3. Perlihatkan Jika Usaha Anda Ketat Prokes

Ini sangat penting, khususnya untuk usaha yang beroperasi di sektor makanan, hospitality, dan wellness. Coba pikir, apa salah satunya factor paling besar yang buat orang takut ke restaurant, hotel, atau tempat rekreasi? Karena takut tempatnya tidak bersih dan terjangkit Covid-19 dari sana!

Supaya orang masih tetap percaya beli dari Anda, Anda harus stabil memperlihatkan jika usaha Anda ketat dalam jalankan prokes. Misalkan bila Anda jalankan bisnis restaurant, Anda dapat membuat video yang memperlihatkan jika semua staf Anda disiplin menggunakan masker, meja teratur dilap, keadaan dapur yang bersih, dan desinfektan periodik.

Dalam kerangka digital pemasaran, Anda dapat mengomunikasikannya lewat posting di sosial media, web, dan jika perlu Anda iklankan lewat cara online.

4. Selective Pilih Kanal Digital Saat Berpromosi

Banyak studi yang memperlihatkan jika perusahaan yang makin terus-menerus berpromosi ketika krisis akan alami kenaikan pemasaran dan pasar sharing. Kritis wabah Covid-19 ini juga bukan pengecualian.

Sama seperti yang disebut awalnya, wabah ini malah membuat makin beberapa orang habiskan waktu di online, baik itu baca informasi, menonton Youtube, atau bermain sosial media. Ini sebagai kesempatan besar untuk perusahaan Anda untuk berpromosi di ranah digital.

Tetapi yang perlu jadi perhatian ialah penyeleksian online kanal yang pas untuk berpromosi, disamakan lewat produk atau sektor bisnis Anda. Maknanya, Anda agar lebih selective, bukan jor-joran berpromosi di semua kanal, karena efektivitas penting ketika kembali kritis.

Contoh, bila Anda beroperasi di sektor B2B servis, kemungkinan Google Ads semakin lebih tepat. Tetapi jika usaha Anda ialah consumer goods, berpromosi di Youtube dan sosial media semakin lebih tepat.

5. Konsentrasi di Low-Cost High-Impact Digital Pemasaran

Walau lebih cost-efficient daripada berpromosi di media konservatif, tetap digital pemasaran dapat mahal, boros, dan tidak efisien jika kita tidak waspada.

Ketika kritis karena wabah saat ini, perusahaan Anda tidak dapat kembali sembarangan dalam habiskan bujet untuk digital pemasaran, tetapi harus fokus di taktik yang bujetwise namun tetap high-impact.

Misalkan, lebih memaksimalkan SEO daripada iklan berbayar di Google, lebih fokus ke existing konsumen memakai e-mail pemasaran, perundingan ulangi dengan faksi agen untuk paket yang lebih fleksibel, dan lain-lain.

Sebagai informasi kami sebagai jasa digital marketing terpercaya siap bantu dalam pengembangan digital marketing bisnis anda.