Bagian Dan Cara Utama Kondensor Uap

Uap yang sudah terkondensasi dikenal sebagai kondensat. Pada sektor pembangkit listrik tenaga uap moderen, kondensor uap adalah komponen perlu sebab mampu menaikkan efisiensi.

 

Cara Kerja dan Jenis-Jenis Kondensor Uap

Steam Condenser adalah suatu alat mekanis yang dipergunakan untuk membuat perubahan uap membuang bertekanan rendah berasal dari turbin menjadi air.

Atau dengan kata lain suatu alat yang digunakan untuk mengkondensasikan uap membuang turbin menjadi air. Proses pengubahan wujud berasal dari uap ke cair ialah dengan pertolongan air pendingin yang disirkulasikan secara terus menerus ke dalamnya yang berasal berasal dari menara pendingin.

Fungsi utama alat ini adalah untuk menjaga tekanan rendah (di bawah tekanan atmosfer) sehingga diperoleh energi maksimum berasal dari uap dengan Ultrasonic Flow Meter, sehingga didapatkan efisiensi yang tinggi. Tujuan yang ke dua adalah untuk memasok air umpan ke sumur panas (hot well), dan air dipompa kembali menuju ke ketel dengan pertolongan pompa umpan boiler.

Berikut ini deskripsi penerapan kondensor uap pada sistem kondenasasi.Bagian Utama Kondensor Uap
Bagian-bagian perlu berasal dari kondensor uap layaknya yang ditunjukkan pada gambar di atas, yaitu:

 

1. Kondensor; Kondensor adalah wadah tertutup area uap dikondensasikan. Selama sistem kondensasi, uap menambahkan energi panas ke pendingin (air).

2. Pompa Kondensat; Pompa kondesat berguna untuk menghalau kondensat (uap yang terkondensasi) berasal dari kondensor ke sumur panas.

3. Sumur Panas; Pompa yang berada di antara kondensor dan ketel, berguna untuk menerima kondensat yang dipompa oleh pompa kondensat.

4. Pompa Umpan Ketel; Pompa umpan ketel memompa kondensat berasal dari sumur panas ke ketel. Proses Ini dilakukan dengan menaikkan tekanan kondensat di atas tekanan ketel.

5. Pompa Ekstraksi Udara; Pompa ekstraksi udara berguna untuk mengekstrak (menghilangkan) udara berasal dari kondensor.

6. Menara pendingin; Menara pendingin adalah menara yang digunakan untuk mendinginkan air yang dikeluarkan berasal dari kondensor.

7. Pompa Air Pendingin; Pompa air pendingin berguna untuk mensirkulasikan air pendingin melalui kondensor.
Cara Kerja Kondensor Uap

Kondensor uap menerima uap bekas berasal dari salah satu ujung lantas bersentuhan dengan air pendingin yang mengalir berasal dari menara pendingin. Saat uap bertekanan rendah bersentuhan dengan air pendingin, uap berikut akan mengembun dan beralih menjadi air. Lalu, air berikut akan menempel pada pompa ekstraksi udara dan pompa ekstraksi kondensasi.

Setelah pengembunan uap, kondensat dipompa ke sumur panas dengan pertolongan pompa ekstraksi kondensat. Pompa ekstraksi udara mengeluarkan udara berasal dari kondensor dan menghasilkan ruang hampa di dalamnya. area hampa yang dihasilkan akan menolong sirkulasi air pendingin dan aliran kondensat.