Bagaimana Tips Menghafal Mufrodat Yang Ada Dalam Sebuah Kitab?

TIPS MENGHAFAL MUFRODAT YANG ADA DI DALAM SEBUAH KITAB

Pada kesempatan ini, saya akan jelaskan cara yang efisien –menurut saya- di dalam menghafal mufrodat yang tersedia di di dalam sebuah kitab sesuai dengan tempat kursus arab pare.

 

Cara praktisnya sebagai berikut:

Miliki sebuah kitab ringkas yang bahasanya mudah. Kemudian Anda fotokopi kitab itu. Atau jika Anda mau, Anda sanggup mendownload kitab-kitab ulama yang banyak bertebaran di internet. Pilih yang ringkas dan bahasanya mudah difahami. Setelah itu Anda print menjadi dua.

Setelah itu, Anda baca kitab fotokopian. Fokuskan pada dua hal: HAROKAT KATA & MAKNA KATA.

Jika Anda sudah paham harokat sebuah kata dengan yakin, maka tidak kudu kata itu Anda harokati. Biarkan dia selamanya tidak berharokat. Namun, jika Anda tidak paham harokat pastinya, maka silahkan Anda buka kamus lantas Anda harokati kata itu secara lengkap dari awal sampai akhir.

Kemudian, jika Anda tidak paham makna dari sebuah kata, maka langsung buka kamus. Kemudian tulis makna kata itu langsung di halaman itu juga. Tulis langsung di atas kata yang Anda tidak paham bermakna itu. Saran saya, JANGAN ANDA TULIS DI KERTAS TERPISAH. Tapi, TULIS LANGSUNG DI ATAS KATA yang Anda tidak paham bermakna itu. Coret-coret saja langsung di situ tidak masalah.

Setelah satu PARAGRAF atau satu HALAMAN berhasil Anda harokati dan Anda fahami maknanya, cobalah Anda baca kembali dari awal. Baca dengan keras secara berulang-ulang. Sambil membaca, sambil Anda hadirkan maknanya di benak Anda. Jadi tidak hanya sekadar membaca. Tapi membaca dengan penuh penghayatan.

Setelah Anda percaya bahwa Anda sangat sudah faham dengan isikan kitab dan Anda percaya sanggup membacanya dengan benar, maka sekarang Anda cobalah membaca kitab satunya kembali yang belum Anda coret-coret. Coba Anda baca sambil difahami maknanya. Lakukan secara berulang-ulang.

Setelah Anda berhasil membaca dan paham isikan kitab secara lengkap dari awal sampai akhir, cobalah Anda terus berlatih membaca dan memahaminya. Baca berulang-ulang sampai Anda sangat faham dan lidah Anda punya kebiasaan membaca huruf-huruf Arab. Jangan terburu-buru untuk berubah ke kitab yang baru sebelum akan Anda menyelesaikan satu buah kami dengan baik.

 

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.