Dunia Bisnis

Pinjaman Ringan

Apa Tanda Kalau Pinjol Cicilan Bulanan Aman Digunakan?

Di tengah tanggal tua atau lagi ada kebutuhan mendesak, tawaran cicilan uang bulanan cepat cair tentu menggiurkan. Apalagi kalau bunganya rendah, tenornya panjang, dan ngajuinnya gampang. Makin aja deh, banyak orang yang minat pakai aplikasi pinjaman uang online. 

Sayangnya, kondisi tersebut kerap dimanfaatkan banyak oknum atau aplikasi pinjol ilegal untuk mencari konsumen. Sebab, di saat mendesak, kita kerap tidak teliti dengan banyak hal terkait aplikasi pinjol. Mulai dari terdaftar atau tidaknya di OJK, keamanan aplikasi, suku bunga, dan lain sebagainya. 

Lalu, gimana cara mengatasinya?

Langkah pertama yang harus dilakukan kalau butuh pinjam uang ke pinjol sebenarnya adalah teliti & mau meluangkan waktu mengecek apakah aplikasi tersebut legal & aman digunakan atau tidaknya. Apa aja yang harus dicek? Nah, berikut ini adalah 5 poinnya. 

 

Wajib terdaftar di OJK

Kalau mau tenang dan aman, jangan pernah sekali-kali tergiur untuk menggunakan aplikasi pinjaman online yang ilegal. Cara paling mudah untuk mengecek legal atau enggaknya sebuah aplikasi pinjol adalah dengan mengecek langsung di situs OJK ataupun nomor WhatsApp resminya. Jika sudah terdaftar, baru kamu bisa menggunakannya. Jika belum, sebaiknya cari alternatif lain. Sebab, pilihan pinjol legal yang sudah terdaftar itu banyak kok. Per 6 Oktober 2021, total ada 106 penyelenggara fintech legal yang terdaftar di OJK dan bisa menjadi pilihanmu. 

 

Cara menggunakan situs dan mengajukan pinjamannya

Aplikasi pinjaman online atau cicilan uang bulanan cepat cair yang ilegal, biasanya juga menggunakan cara-cara yang aneh dalam pengajuan pinjaman. Misalnya, dengan menggunakan link khusus untuk mengunduh aplikasinya, tidak bisa lewat Google Play Store atau App Store. 

Jika menemui kondisi ini, kamu sebaiknya berhati-hati, sebab ini bisa jadi salah satu tanda bahwa aplikasi atau layanan pinjaman tersebut tidak aman digunakan. Bahkan, jika mengunduh aplikasi dari link tersebut, bisa berpotensi membahayakan data-datamu. 

Layanan cicilan uang bulanan cepat cair yang legal biasanya memiliki situs dengan akses https atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Salah satu contohnya ada Kredivo yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan memiliki rating yang bagus. 

 

Suku bunga yang transparan dan opsi tenor yang sesuai kantongmu

Banyak aplikasi pinjaman yang ilegal tidak mencantumkan suku bunga, biaya admin, dan opsi tenor dalam layanannya. Ini membuat, mereka bisa semena-mena dalam memberikan jumlah tagihan atau waktu penagihan. Jangan sampai kamu terjebak dalam situasi tersebut. 

Selain memilih yang sudah terdaftar di OJK, kamu juga perlu memastikan bahwa aplikasi pinjaman online sudah menginformasikan suku bunga, tenor, dan biaya lain-lain yang menyertai pinjaman secara jelas di awal. Dengan begitu, kamu bisa lebih aman dan tenang dalam meminjam, serta memiliki kalkulasi pengembalian pinjaman yang jelas. 

Seperti di Kredivo, semua informasi pinjaman atau cicilan akan kamu dapatkan di awal sebelum menyetujui pinjaman. Mulai dari limit pinjaman minimal 500 ribu sampai 2 digit, suku bunganya 2,6% per bulan, biaya admin 6% dipotong di awal, dan pilihan tenornya yaitu 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Sebelum menyetujui pinjaman, kamu juga akan diberikan simulasi pinjaman dan angsuran per bulan. Jika setuju, kamu boleh melanjutkan proses pengajuan pinjaman tersebut. 

 

Izin yang diminta aplikasi tidak mengganggu privasi

Ketika mengunduh aplikasi, termasuk aplikasi pinjaman online, pasti akan ada izin yang diminta aplikasi ke smartphone-mu. Izin yang diminta biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi, seperti media sosial yang akan meminta izin mengakses foto atau galerimu. Nah, sama halnya dengan aplikasi pinjaman online. 

Namun, penting untuk diketahui bahwa aplikasi pinjaman online yang legal dilarang untuk meminta akses ke fitur yang privasi seperti halnya data kontakmu atau galerimu. Maka dari itu, kamu perlu mengecek sebelum mengunduh aplikasi pinjaman online di bagian “izin” atau “permissions” apakah ada fitur kontak atau galeri yang diminta? Jika ada, pertimbangkan ulang untuk mengunduh aplikasi karena hal tersebut ilegal dan dilarang oleh OJK. 

 

Review pengguna lain

Supaya lebih yakin dengan sebuah aplikasi pinjaman online, kamu tidak boleh mengabaikan pengalaman atau ulasan pengguna lain yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi tersebut. Hal tersebut bisa dengan mudah kamu temui di kolom ulasan pengguna di Google Play Store atau App Store. Bagaimana ulasannya, berapa ratingnya, dan apa saja masalah yang dialami pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut. 

Makin banyak komentar positif dan makin tinggi rating, tentu semakin baik. Sebaliknya, makin banyak ulasan negatif, atau rendah ratingnya, sebaiknya kamu siap-siap untuk beralih dan mencari aplikasi pinjaman online yang lain.

Tetap berhati-hati dan waspada meski butuh pinjaman dalam kondisi mendesak, ya.