Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Adat Sunda

Biasanya sebelum melakukan sebuah pernikahan, akan dilaksanakan sebuah resepsi pemberian seserahan dari calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Terdapat beberapa isi seserahan pernikahan adat sunda yang bisa Anda ketahui.

Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Adat Sunda

Seserahan pernikahan sendiri memiliki makna sebagai alat untuk mempererat tali persaudaraan antar kedua keluarga. Bagi Anda yang ingin melamar seorang gadis sunda dapat menyimak beberapa isi seserahan dari pernikahan adat sunda berikut ini.

5 Ide Seserahan Pernikahan Adat Sunda

Berikut adalah beberapa referensi seserahan untuk pernikahan dengan adat sunda:

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah merupakan isi dari seserahan adat sunda yang perlu Anda siapkan. Perlengkapan ibadah yang dijadikan isi seserahan adat sunda dapat disesuaikan dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon pasangan pengantin.

Jika kedua calon pengantin beragama islam, maka perlengkapan ibadah yang perlu Anda siapkan adalah sajadah, mukena, tasbih, Al-Quran serat buku yasin bila perlu. Anda bisa menyiapkan Al Kitab dan berbagai jenis kebutuhan ibadah lainya bila memeluk agama non islam.

2. Kebaya Dan Kain Batik

Isi seserahan pernikahan kebaya dan kain batik hampir sama dengan seserahan pernikahan adat jawa. Namun untuk seserahan adat sunda kain batik yang dipersiapkan bisa berupa kebaya atau kain brokat.

Sedangkan untuk model kebaya yang dipilih dapat berupa rok atau kain lilit disesuaikan dengan keinginan sang pengantin. Kalau Anda bermaksud menjaga tradisi yang ada bisa memilih pakaian kebaya kuno dengan jenis sesuai adat Sunda.

3. Pakaian Serta Alas Kaki

Isi seserahan dari pernikahan adat sunda selanjutnya yang dapat Anda persiapkan adalah pakaian serta alas kaki. Seserahan pernikahan untuk pakaian yang umum digunakan adalah baju muslim, gaun pesta, hingga baju kerja.

Sedangkan untuk alas kaki yang sering digunakan sebagai isi dari seserahan pernikahan adat sunda ini dapat berupa sepatu atau sandal. Anda juga dapat memasukkan tas sebagai isi dari perlengkapan seserahan pernikahan.

4. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi merupakan isi dari seserahan pernikahan adat sunda selanjutnya yang dapat Anda persiapkan sebelum melakukan proses lamaran.

Seserahan pernikahan untuk peralatan mandi ini dapat berupa sabun mandi, shampo, perlengkapan kamar mandi, pembersih wajah, serta handuk.

Terdapat makna tersendiri dari pemberian seserahan pernikahan perlengkapan mandi ini, supaya seorang istri selalu menjaga kebersihan keluarganya setelah menikah nanti. Anda sebagai suami berkewajiban menjadi alasan kesucian ikatan sakral antara suami istri.

5. Aneka Kue Dan Buah

Isi seserahan pernikahan untuk adat Sunda yang selanjutnya adalah aneka kue serta buah. Biasanya kue yang umum dijadikan isi dari seserahan pernikahan adat sunda ini adalah kue kering, kue basah serta cemilan khas sunda.

Sedangkan untuk aneka buah-buahan, Anda dapat memilih buah yang masih segar serta mudah untuk dikemas sebagai seserahan pernikahan.

Anda dapat menyiapkan isi seserahan pernikahan dari beberapa hari sebelum melakukan proses lamaran. Semakin matang persiapan dari proses lamaran, maka akan semakin lancar proses pernikahan yang akan Anda jalani.