Dunia Bisnis

Teknologi

Apa Saja Bedanya Y12s, Y12 dan Y12i?

main image

Vivo Y12i dengan ponsel pintar Vivo seri Y12 atau pun Y12s mempunyai berbagai perbedaan. Kalau dilihat dari SIM misal, Y12i didukung Hybrid Dual-SIM. Sehingga hal ini beda dengan ponsel smartphone Vivo Y12 dan seri Y12s. Dual SIM Hybrid sendiri adalah pemasangan untuk Dual SIM dan eksternal yang dibuat pada satu slot. Tetapi ketiga smart phone Vivo tersebut bukan hanya berbeda dari slot SIM saja, ada berbagai macam hal yang membedakan antara ketiganya. Berikut ini akan dibahas beberapa aspek perbedaan antara ponsel pintar vivo y12i, Y12s, dan juga Y12.

Chipset & Prosesor

Meski tidak bisa kita lihat secara langsung seperti apa isi dan juga mesin ketiga ponsel smartphone Vivo tersebut beroperasi, tetapi kamu dapat merasakan fitur serta kecanggihannya. Setiap performa smart phone Vivo tentu tergantung dari sistem operasi serta prosesor seperti apa yang dipasang. Untuk sistem operasi, maka baik itu ponsel pintar Vivo Y12 atau pun Y12i telah mengimplementasikan OS Android 9/ Pie, Beda dengan seri Y12s yang sudah mengalami peningkatan karena dipasangkan OS Android 10. Jelas tentu, Y12s yang dilengkapi Android 10 lebih bagus karena memungkinkan loading pada ponsel smartphone Vivo tersebut lebih cepat. 

Lalu ditambah juga dengan ragam fitur-fitur terbaru misalnya seperti smart reply, live caption, suggestions, facial recognition dan berbagai fitur lain. Berlanjut pada area prosesor ketiga smart phone Vivo unggulan ini. Tipe Y12i ada di peringkat terakhir dalam segi performa prosesor. Tetapi pemakaian Qualcomm Snapdragon 439 Octa Core 1,95GHz untuk chipsetnya bisa menekan pemakaian energi. Sehingga penggunaan ponsel pintar Vivo Y12i tidak akan mudah boros. Lalu disusul Y12 dengan MediaTek Helio P22 Octa Core 2 GHz sebagai chipsetnya. Ada pun ponsel smartphone Vivo Y12s yang paling unggul untuk urusan performanya karena memiliki oleh MediaTek Helio – P35 Octa Core 2,35 GHz pada chipsetnya. Sehingga memungkinkan smart phone Vivo tersebut lebih cepat dan bertenaga. 

Pengolah Grafis

Pengolahan grafis berbeda juga, seri Y12 dan Y12s didukung GPU PowerVR GE 8320. Sementara ada pemasangan PowerVR juga di kedua ponsel pintar Vivo ini yang cocok dengan kelas menengah. Jenis GPU tersebut umumnya digunakan untuk high-end mobile. Sementara jenis GPU ponsel smartphone Vivo Y12i berbeda sendiri yaitu dipasangnya Adreno seri 505. bisa dikatakan popularitas Adreno untuk sebagai GPU pada kalangan vendor smart phone memang sangat tinggi.

Ukuran Layar 

Layar tiga tipe smart phone Vivo ini berbeda sedikit, meski ketiganya mempunyai layar jenis IPS LCD. Bagi para pengguna Y12s akan leluasa karena ponsel pintar Vivo ini didukung ukuran layar 6,51 inci. Sementara berbeda dengan tipe Y12 dan juga Y12i yang ukurannya 6,35 inci. Sehingga layar dua ponsel smartphone Vivo tersebut agak sempit dibandingkan layar Y12s. Jika membahas resolusi layar untuk Y12i dan Y12, memiliki ukuran sama 720 x 1.544 piksel serta ketajaman ~288 ppi. Sementara berbeda kembali smart phone Vivo Y12s yang memiliki resolusi layar 720 x 1.600 piksel. Sedangkan kerapatan pikselnya yaitu ~270 piksel. Sehingga bisa membuktikan kualitas gambar visual yang dihasilkan oleh layar ponsel pintar Vivo seri Y12s bisa lebih tajam. Banyak tentu pengguna handphone sekarang ini yang ingin lebih menikmati tampilan media yang sedang diputar. Sehingga handphone Vivo satu ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut.