9 Pura Kuno yang Paling Mengagumkan di Pulau Bali, Cantik Sekali!

Pura Kuno

Pura Kuno atau candi-candi kuno di Propinsi Bali dijumpai bersebaran dimulai dari daratan tinggi sampai ke pesisir pantai. Beberapa salah satunya bahkan juga jadi landmark paling iconic pada tempat yang berjulukan Pulau Dewata ini. Pura atau candi-candi itu tampilkan style arsitektur yang mengagumkan dengan panorama alam yang eksotik.

Tiap pura atau candi di Bali ialah lokasi yang unik. Oleh karenanya, minimal sempatkan waktumu untuk berkunjung beberapa tempat itu sekali sepanjang umur.

Berikut 9 pura dan candi yang dapat masuk dalam perincian wisatamu. Yakinkan kenakan pakaian yang patut jika bertandang ke situ, ya.

1. Pura Tanah Lot

Tanah Lot yang berada di Kabupaten Tabanan ini kemungkinan sebagai pura yang terbanyak tampil di kartu pos Bali. Letak Pura yang dibuat pada era ke-15 ini bisa disebut unik karena berdiri di terlepas pantai.

Maka jika punya niat melihat matahari tenggelam, seharusnya kamu tiba ke Tanah Lot. Keelokan siluetnya akan membuat kamu bergidik. Bila kamu ke Bali, pura yang ini janganlah sampai kamu terlewat.

2. Pura Mulia Uluwatu

Pura Mulia Uluwatu atau umum disebutkan Pura Uluwatu di Kabupaten Badung ini dijumpai seringkali diperlihatkan dalam kartu pos Bali. Pura ini populer di kelompok peselancar sebagai tempat berseluncur yang eksotik.

Pura Uluwatu ini berada di pucuk tebing atau ada 70 mtr. di atas ombak yang terjang. Pura Uluwatu ini mempunyai background matahari tenggelam yang cantik seperti pada Tanah Lot. Tetapi, terletak yang semakin tinggi dapat memberi rentang laut yang bertambah luas.

Sendratari Ramayana atau tari Kecak diperlihatkan di amfiteater. Atraksi yang berjalan sepanjang jam matahari tenggelam, dapat kamu dokumentasikan sebagai kenangan yang prima.

3. Pura Besakih

Pura Besakih ini seringkali disebutkan dengan kuil paling besar di Bali. Masalahnya, Besakih sebenarnya ialah kompleks pura. Disamping itu, Pura Besakih ini berada 1.000 mtr. di permukaan laut di lereng barat daya Gunung Agung. Minimal ada 70 perayaan yang diselenggarakan di sini tiap tahun, karena masing-masing pura mempunyai hari peringatannya masing-masing.

Menelusuri semua seluruh pura di Besakih bisa memerlukan waktu sampai sehari. Tetapi, kamu dapat memfokuskan kunjunganmu ke pusat pura yakni Pura Penataran Agung. Di lereng gunung yang semakin tinggi, ada Pura Pengubengan yang tawarkan panorama alam yang cantik.

baca : 5 Pulau Elok Dekat Bali yang Buat Terkesima, Percaya Tidak Ingin Berlibur?

4. Goa Gajah

Pura Goa Gajah sebagai kompleks arkeologi dengan kisah riwayat yang panjang. Goa Gajah sebenarnya dibuat sebagai tempat meditas pada era kesebelas. Di situ, kamu akan menuruni seperti tangga dari tepi jalan. Di bawah, kamu akan mendapati kompleksnya yang luas.

Di dekat Goa Gajah, ada sebuah kolam pemandian yang dibuat di tahun 1954. Di situ ada patung-patung yang sedang menggenggam seperti guci. Dari guci itu keluarlah air yang jatuh ke kolam pemandian.

Ada di belakang Goa Gajah, mengucurlah Sungai Petanu yang legendaris. Saluran airnya ke arah bentangan sawah yang cantik.

5. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan yang dibuat di tahun 1633 ini ialah sebuah pura yang cantik di daratan tinggi Kabupaten Tabanan. Background rentang pengunungan dan Danu Bratan jadikan Pura Ulun Danu ini makin memikat.

Situasinya yang sejuk membuat sebagai tempat rekreasi favorite. Yang sangat menarik adalah, kamu dapat menyaksikan dampak mirror atau refleksi dari bentuk Pura Ulun Danu di atas danau.

Disamping itu, ada kebun luas di pinggir danau yang tawarkan banyak peristiwa untuk berpose. Di situ, kamu bisa juga sewa perahu sambil nikmati keelokan arsitektur pura dan background pegunungannya dari tengah danau.

6. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul di Kabupaten Gianyar ini dijumpai menjadi satu diantara peninggalan budaya nasional. Dibuat di tahun 960 Masehi, nama Tirta Empul ini memiliki arti “mata air suci.” Nama itu diambil dari sumber mata air yang berada dalam pura.

Nach, mata air itu selanjutnya mengucur ke kolam pemandian dan kolam ikan. Air itu mengucur ke Sungai Pakerisan yang berada di dekat Pura Tirta Empul.

Beragam situs dan warisan arkeologi disekitaran pura terkait dengan dogma dan legenda lokal. Situs paling dekat dan mencolok yang lain ialah istana kepresidenan, Istana Tampaksiring. Landmark ini dibuat oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno.

7. Candi Gunung Kawi

Tidak jauh dari Pura Tirta Empul, ada Candi Gunung Kawi. Candi itu populer sebagai salah satunya situs arkeologi yang paling unik di Bali. Di situ, kamu dapat menyaksikan kelompok relief yang diukur di atas tebing batu. Candi Gunung Kawi ini menghadap ke Sungai Pakerisan yang suci, sungai yang sama yang mengucur dari Tirta Empul.

Disekitaran Candi Gunung Kawi kamu dapat mendapati area persawahan yang subur dan lembah hijau yang elok. Semua panorama itu akan mengantarmu kembali lagi ke masa lampau, jauh dari modernitas.

Candi Gunung Kawi sendiri dibuat pada era kesebelas saat periode pemerintah Raja Udayana.

baca juga : Sewa Kapal Speedboat jakarta

8. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun yang berada di Dusun Mengwi, Kabupaten Badung ini dibuat pada era ke-17 saat Kerajaan Mengwi dipegang oleh Raja I Gusti Agung Putu. Pura Taman Ayun ini adalah contoh yang baik dari arsitektur pura Hindu tradisionil di Bali.

Dalam pura, kamu bisa menyaksikan taman luas yang diisi beragam tipe tanaman tropis. Di Taman Ayun, ada kolam air dengan bunga teratai dan ikan-ikan. Jika kamu ke situ, kamu akan mendapati dampak Tiongkok di semua arsitektur dan relief candi.

9. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang ini dibuat pada era kedelapan dan menjadi satu diantara kuil paling tua dan paling disegani di Bali. Pura Lempuyang ini sama dengan Pura Besakih. Pura ini dipercaya berdiri menyusul sebagian besar candi Hindu di Bali.

Nach, berwisata ke Pura Lempuyang ini menuntut keadaan fisik yang sempurna. Masalahnya, pura itu berada 1.175m di permukaan laut, persisnya di pucuk pucuk Gunung Lempuyang. Jika kamu ingin capai pucuk pura, kamu harus mendaki kembali lebih dari 1.700 cara. Tetapi, saat ada di pucuknya, rasa lelahmu akan selekasnya pupus karena panorama alam yang demikian cantik.

Itu 9 pura atau candi kuno paling memesona di Propinsi Bali. Jika kamu kebingungan ingin ke mana ketika ada di Pulau Dewata, daftar ini dapat menolongmu.