Dunia Bisnis

7 Peraturan Resmi Sepak Bola dan Penjelasanya
sport

7 Peraturan Resmi Sepak Bola dan Penjelasanya

Kali ini kita akan mencoba bahas lebih lengkap mengenai sebuah peraturan yang umum terjadi pada sebuah pertandingan sepak bola. Dimana peraturan peraturan ini wajib dipahami oleh semua pemain sepak bola, wasit sampai dengan pentonton.

Karena kalau penonton tidak paham biasanya mereka akan sering tersulut emosinya menyalahkan wasit dan ujung ujungunga akan terjadi tawuran, ya begitulah potret sepak bola di Indonesia sangat rentan tauran karena bodohnya penontonya dan tentu juga karena wasit yang bisa saja masih gampang di sogok.

Setidaknya ada 7 peraturan resmi dalam sepak bola yang umum sekali berlaku antara lain:

  1. Offside

Offisede adalah sebuah posisi pemain lawan yang masuk ke area pertahanan musuh dengan posisi mendahului datangnya bola.

Offisede ini kalau terjadi maka akan mengagagalkan tindakan pemain lawan, misalkan terjadi goal maka akan tidak sah. Nah Offisede sendiri dalam sepak bola indonesia apalagi liga lokalan akan sangat rentan ada perdebatan.

Sedangkan dalam pertandingan internasional Offisede sudah menggunakan teknik yang canggih dan sangat mudah dideteksi.

  1. Pelanggaran

Kemudian pelanggaran dalam permainan sepak bola ada banyak jenisnya. Pelanggaran ringan dan berat, kalau ringan bisa diberikan sanksi teguran berupa kartu kuning. Sedangkan kalau berat tanpa teguran juga bisa langsung diberikan kartu merah.

  1. Tendangan Bebas

Tendangan bebas adalah sebuah kondisi yang sangat memungkinkan terjadi goal. Dimana posisi yang umum dari luar kotak pinalti dengan jarak pagar betis sampai dengan 5 meter.

  1. Tendangan penalti

Terjadi karena ada pelanggaran pada area pinalti, bisa karena handball atau yang lainya.

  1. Lemparan Dalam

Memungkinakan musuh mengumpan kemana saja yang ia inginkan

  1. Tendangan Gawang

Tendangan gawang sendiri bisa dilakukan oleh kipper atau bek. Dimana tendangan gawang terjadi ketika bola tidak bisa ditangkap oleh kipper

  1. Tendangan Sudut

Kemudian yang terkahir adalah tendangan sudut dimana pemain lawan akan mendang bebas dari pojok gawang dan dimanfatkan oleh musuh dalam mencuri goal bisa dengan sundulan atau tendangan bola mati.

Ok itu dia peraturan peraturan umum dalam sepak bola yang wajib kalian pahami jika ingin menjadi pemain bola yang profesional.