7 Ketentuan yang Harus Kamu Taati Saat Liburan ke Pulau Komodo

Pulau Komodo

Jika kamu ialah seorang petualang yang menyenangi alam bebas, kamu tentu berasa untung menjadi orang Indonesia. Argumennya karena Indonesia mempunyai alam yang cantik. Tidak cuma itu, Indonesia banyak memiliki tempat unik yang tidak dipunyai beragam negara cantik yang lain di dunia, satu diantaranya ialah kehadiran Komodo.

Komodo ialah kadal purba raksasa. Dibanding dengan hewan lain, hewan ini masuk ke kelompok sangat jarang karena Komodo liar cuman dapat diketemukan di wisata Pulau Komodo dan beberapa pulau sekelilingnya di propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Berita baiknya, walau Komodo masuk dalam perincian hewan sangat jarang, kita bisa menyaksikan hewan ini di komunitas asli mereka.

Tetapi sama dengan hewan liar yang lain, mereka juga beresiko hingga petugas mengaplikasikan beberapa ketentuan untuk wisatawan untuk jaga mereka masih tetap aman. Apa sajakah?

1. Tidak boleh pergi sendirian, pastikanlah kamu selalu bersama pemandu

Sama seperti dengan singa, Komodo sebagai hewan karnivora atau pemakan daging. Saat memburu, Komodo cenderung pilih mangsa yang sendirian karena lebih gampang untuk dikalahkan. Pergi sendirian apa lagi sampai keluar lajur pendakian sah sebagai hal yang dilarang karenanya akan tingkatkan risiko kamu jadi makanan kadal tua ini.

Kedatangan beberapa pemandu akan membuat kamu  lebih aman karena pemandu lengkapi dianya dengan tongkat untuk menantang Komodo saat hewan ini serang.

2. Tidak perduli seorang apa saja kamu, pastikanlah kamu tidak bising ketika ada disekitaran komodo

Komodo memang mempunyai pandangan yang jelek tetapi indra penciuman dan pendengaran mereka benar-benar tajam. Ketika ada disekitaran Komodo, kamu tetap harus berlaku tenang. Jauhi membuat suara dan pergerakan mendadak karenanya akan membuat Komodo berasa terancam dan serang kamu atau semuanya orang yang berada di sekelilingmu.

3. Wanita PMS dilarang dekati pulau apa lagi Komodo

Saat berkunjung pulau Komodo, kamu dianjurkan tidak untuk memakai minyak wangi. Disamping itu, wanita yang PMS dilarang keras berkunjung pulau ini untuk keamanan. Karena walau tidak dapat menyaksikan secara jelas, Komodo dapat menghirup bau khususnya berbau darah dari jarak 5 km. Berkunjung pulau Komodo saat PMS akan membuat hewan ini memandang kamu sebagai mangsa mereka.

Yang membuat kondisi beresiko ialah, saat memburu mereka akan pelan-pelan antara semak ilalang untuk dekati mangsa saat sebelum serang secara mendadak. Belum juga indra penciumannya yang tajam segera dapat membuat mereka mendapati kamu bisa lebih cepat.

baca Juga : paket wisata Pulau Genteng Kecil 

4. Tidak boleh menggunakan baju merah dan mengayunkan barang

Sama dengan banteng, perasaan serang Komodo akan makin besar saat menyaksikan target warna merah. Karena argumen berikut saat bertandang ke pulau Komodo, kita dianjurkan tidak untuk menggunakan baju warna merah. Selainnya warna baju, kamu dilarang keras mengayunkan barang karena Komodo akan memandang kamu sebagai mangsa yang perlu ia peroleh.

5. Kamu tetap harus jaga jarak dengan Komodo

Walau kelihatan malas dan lambat, siapa kira bila Komodo ialah pelari yang cepat. Satu ekor Komodo dapat tempuh jarak 18 km /jam cukup dengan lari. Untuk menghindar gempuran mendadak, kamu tetap harus jaga jarak aman dari kadal purba satu ini sekitaran 3 – 5 mtr.. Bila kamu dikejar Komodo, tidak boleh lari lempeng karena Komodo dapat secara mudah memburu kamu.

Akan lebih bagus untuk lari secara zig – zag karenanya ialah pergerakan canggung untuk Komodo dan itu akan membuat kadal tua ini cepat berserah untuk memburu kamu. Jauhi memanjat pohon karena satu ekor Komodo muda dapat memanjat pohon dengan benar-benar gampang.

Langkah terbaik dengan lari zig – zag cepat dan pergi sepanjang kemungkinan dari hewan ini. Atau kamu bisa juga masuk rumah dan mengamankan pintu dan jendelanya rapat-rapat selanjutnya minta kontribusi.

6. Tidak boleh menghidupkan api atau merokok

Pulau Komodo dan beberapa pulau sekelilingnya ialah wilayah yang gersang dengan cuaca panas. Belum juga kondisi di pulau yang banyak semak-semak membuat rawan terjadi kebakaran luar biasa, menghancurkan komunitas Komodo, sekalian menghancurkan kadal raksasa sangat jarang ini dari Indonesia. Untuk jaga keamanan, wisatawan dilarang menghidupkan api, merokok, apa lagi sampai buang puntung rokok di pulau Komodo dan pulau sekelilingnya.

baca juga : 10 Pulau Fantastis di Dunia yang Belum Diketahui Banyak Orang

7. Dilarang bawa makanan dan memberikan makan

Tidak cuma dapat mengetahui kedatangan kamu, komodo sanggup mengetahui makanan yang kamu membawa di ransel secara cepat. Seharusnya, tidak boleh bawa makanan saat bertandang ke pulau Komodo karenanya akan membuat komodo tertarik dekati bahkan juga serang kamu.

Walau jangan bawa makanan, seharusnya kamu bawa minuman karena pulau Komodo benar-benar panas. Selainnya dilarang membawa makanan, kamu tidak bisa memberikan makan komodo karena hewan ini ialah hewan liar beresiko dan sanggup cari makanannya sendiri.