6 Langkah Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Ketika Anda ingin membangun bisnis atau bisnis, ada satu langkah yang dapat dilakukan untuk dapat menentukan apakah bisnis berhasil atau tidak. Tahap itu adalah studi kelayakan bisnis.

Sederhananya, studi kelayakan bisnis adalah studi yang dilakukan untuk menentukan apakah bisnis layak dijalankan atau tidak.

Pemahaman yang lebih lengkap, studi kelayakan bisnis adalah aktivitas mengidentifikasi masalah, peluang bisnis, menentukan tujuan, penggambaran situasi, menentukan hasil yang sukses, dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk pemecahan masalah.

Untuk seorang wirausahawan, studi kelayakan bisnis ini dapat membantunya dalam membuat keputusan bisnis. Adapun calon pengusaha, penelitian ini penting karena dapat membantu menghindarinya dari kerugian.

Dalam studi kelayakan bisnis, ada lima bidang yang akan diperiksa dan dianalisis, termasuk:

1. Deskripsi pasar

2. Deskripsi bisnis

3. Teknologi dibutuhkan

4. Detail Keuangan dan Struktur Organisasi Bisnis

5. Kesimpulan tentang bisnis yang dipelopori untuk berkembang

 

Langkah -langkah untuk Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Lalu, bagaimana melakukan studi ini? Berikut ini adalah langkah -langkah yang dapat diikuti:

Penemuan ide

Pertama -tama, pengusaha atau calon pengusaha perlu menemukan ide bisnis yang baik dan mampu bersaing di pasar. Untuk menemukan ide ini, penelitian dibutuhkan diatur dengan baik dan mendapatkan dukungan dari sumber daya yang memadai. Dengan begitu, pengusaha bisa mendapatkan ide bisnis yang memiliki potensi untuk membawa keuntungan besar.

 

Penelitian tentang Ide Bisnis

Selanjutnya, pengusaha melakukan penelitian untuk mengetahui potensi ide bisnis

sebelumnya dipilih. Proses penelitian meliputi pengumpulan dan pemrosesan data, menganalisis dan menafsirkan hasil analisis, membuat kesimpulan dan laporan tentang ide bisnis.

Gagasan bisnis dipelajari berdasarkan aspek -aspek studi kelayakan untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan.

 

Evaluasi

Setelah melakukan penelitian tentang ide -ide bisnis, pengusaha melakukan evaluasi dengan membandingkan penelitian penelitian dengan satu dan ide bisnis lainnya. Jangan lupa juga mempertimbangkan aspek -aspek studi dalam mengevaluasi sehingga pengusaha dapat menentukan ide -ide bisnis yang dapat dijalankan dengan tepat.

Penentuan

Ide bisnis mana yang layak dijalankan? Jika ada lebih dari satu ide bisnis yang layak dijalankan, pengusaha perlu memilih ide bisnis yang memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan ide -ide lain.

 

Rencana implementasi

Jika Anda telah menentukan ide bisnis yang layak dijalankan, maka langkah selanjutnya majikan dapat mewujudkan perencanaan yang dimulai dengan penjadwalan dan persiapan. Mulai dari kesiapan manajemen, ketersediaan dana, menentukan jenis pekerjaan, jumlah dan kualifikasi karyawan, dan sebagainya.

 

Penerapan

Langkah terakhir adalah implementasi ide bisnis yang dipilih. Pengusaha dapat melakukan operasi bisnis secara teratur. Ketika telah berjalan, tidak dapat dipungkiri bahwa ada kemungkinan bisnis berurusan dengan risiko atau hambatan. Jika terjadi seperti ini, pengusaha dapat melakukan perbaikan pada rencana awal, sesuaikan dengan kondisi yang ada.

Tidak hanya itu, pengusaha juga perlu mengevaluasi bisnis yang telah berjalan. Kemungkinan besar pengusaha telah menemukan beberapa alternatif yang dapat membuat bisnis berkembang lebih baik. Karena Itu, Perlu Dilakukan Evaluasi Delangan Mempertimbangkangkan Sumber Daya Yang Tersedia, Modal, Dan Pengembalian.