Dunia Bisnis

Bisnis

6 Kiat Mendapatkan Pinjaman Online Untuk Pemula

Pinjaman online di pinjaman online ojk dapat digunakan untuk hampir semua tujuan, apakah itu biaya pengobatan tak terduga atau kebutuhan renovasi rumah, itu bertindak sebagai sumber uang tambahan pada saat dibutuhkan. Tidak seperti pinjaman rumah atau pinjaman mobil, pinjaman pribadi di India seringkali bersifat tanpa jaminan, artinya pinjaman tersebut tidak dijamin dengan aset tertentu yang Anda miliki.

 

Saat mencoba memanfaatkan pinjaman pribadi dari bank atau perusahaan keuangan non-perbankan, peminjam tidak diharuskan menyerahkan jaminan apa pun seperti emas atau aset real estat.Bagi mereka yang mencari untuk memanfaatkan pinjaman pribadi untuk pertama kalinya, penting untuk memahami sifat pinjaman ini dan apa saja beberapa hal yang perlu diingat saat mengajukan permohonan secara online.

 

Berikut adalah enam tips penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman pribadi langsung secara online. Ini akan membantu Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang merugikan seperti memilih pemberi pinjaman yang salah, memilih tenor yang tidak nyaman, atau meminjam lebih dari yang Anda butuhkan.

 

6 Kiat Mendapatkan Pinjaman Online

  1. Pertahankan Skor Kredit yang Sehat

Skor kredit adalah metrik penting yang digunakan pemberi pinjaman untuk menentukan kemampuan peminjam untuk membayar kembali pinjaman. Tindakan sederhana seperti membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu akan membantu Anda menciptakan nilai kredit yang baik. Tip untuk mempertahankan riwayat kredit yang positif adalah tidak melebihi batas kredit Anda lebih dari 30%. Skor kredit yang baik akan menguntungkan anda untuk kedepannya.

 

  1. Hitung Cicilan Bulanan (EMI) dengan Cermat

Pembayaran EMI seharusnya tidak menguras tabungan Anda dan menjadi beban keuangan Anda. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, sangat penting untuk menghitung jumlah EMI dan memastikan kemampuan modal untuk membayarnya selama jangka waktu yang ditentukan. Biasanya, perhitungannya adalah bahwa EMI harus kurang dari 10% dari penghasilan bulanan Anda. Jika EMI lebih tinggi, Anda berisiko menguras tabungan Anda dan ini akan berdampak negatif.

 

  1. Pilih Pinjaman dengan Suku Bunga Terendah

Pinjaman online di pinjaman online ojk biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi yang dapat berkisar dari 11% hingga 20%. Oleh karena itu, bahkan penurunan suku bunga terkecil pun dapat membuat perbedaan besar pada biaya pinjaman Anda secara keseluruhan. Ingat, bahwa jika Anda memilih pembayaran bulanan yang rendah dalam jangka waktu pembayaran yang lama karena alasan kenyamanan atau alasan lain, pembayaran itu akan sering kali datang dengan suku bunga tertinggi.

 

Ini adalah poin penting karena pembayaran bulanan kecil mungkin tampak sangat layak, tetapi pada akhirnya membuat Anda membayar lebih untuk pinjaman selama masa pakainya. Oleh karena itu, sebagai aturan umum, peminjam harus bertujuan untuk membelanjakan tidak lebih dari 35% hingga 43% untuk utang, termasuk hipotek, pinjaman mobil, dan pembayaran pinjaman pribadi.

 

  1. Menilai Kebutuhan Pinjaman

Meskipun bukan hal yang buruk untuk memanfaatkan pinjaman, itu adalah tanggung jawab keuangan yang dapat diperpanjang selama periode waktu tertentu. Oleh karena itu, penting untuk menilai motivasi di balik pinjaman dan memastikan bahwa itu benar-benar diperlukan. Jika tujuan pinjaman adalah untuk keinginan pribadi yang aneh untuk membeli produk mewah, itu mungkin bukan keputusan yang paling bijaksana.

 

  1. Selalu Mengambil Pinjaman Online dari Lembaga Keuangan yang Kredibel

Terlepas dari bank tradisional, Anda juga dapat mengevaluasi opsi dari perusahaan pinjaman kredit digital yang disetujui oleh regulator pasar Reserve Bank.Pemberi pinjaman digital relatif lebih cepat dalam memverifikasi dan memproses permintaan pinjaman, pencairan sering terjadi lebih cepat. Contohnya adalah fitur pembayaran peluru yang memungkinkan pengguna untuk memilih jadwal pembayaran sesuai siklus modal kerja mereka, sebagai lawan dari pembayaran jadwal tetap.

 

Fitur lain yang diperkenalkan oleh perusahaan pinjaman digital termasuk opsi untuk memanfaatkan pinjaman jangka pendek dan opsi pembayaran tertunda yang memungkinkan pelanggan untuk meminta perpanjangan tanggal pembayaran hingga 30 hingga 90 hari, tanpa harus membayar denda biaya keterlambatan.

 

  1. Pertimbangkan untuk Mengasuransikan Pinjaman Anda

Jika ada satu hal yang diajarkan pandemi ini kepada kita, yaitu bahwa hidup tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa keluarga terdekat Anda tidak memiliki kewajiban pinjaman jika Anda meninggal dunia, penting untuk mengasuransikan pinjaman Anda. Pembayaran asuransi pinjaman bekerja sama seperti premium pembayaran asuransi lainnya , mereka dapat dibayar secara bulanan atau sebagai jumlah sekaligus.

 

Kesimpulan

Pinjaman online di pinjaman online ojk dapat bermanfaat jika dicairkan untuk alasan yang tepat. Penting untuk memastikan bahwa pemberi pinjaman Anda adalah pemain asli, dan pembayaran Anda cepat dan konsisten. Dan yang paling penting, ingatlah untuk menggunakan pinjaman untuk tujuan yang dimaksudkan. Jika digunakan dengan bijak, pinjaman pribadi dapat membantu Anda mengisi kesenjangan dalam keuangan Anda tanpa benar-benar harus mempertaruhkan aset pribadi Anda.