5 Tips Membuat Website Yang Optimal dan Mudah

Membuat website yang baik itu bukan hanya cantik tapi juga harus deskriptif dan informatif serta bisa membantu para pengunjung website betah berlama-lama di website kita. Website yang bagus harus memenuhi unsur dibawah ini:

1. Informatif

2. Deskriptif

3. Loading cepat (disarankan untuk memilih hosting atau perusahaan cloud yang berkualitas)

4. Mobile-friendly

5. Readable

Lalu bagaimana langkah-langkahnya? Simak artikel dibawah ini!

cara membuat website

Buat halaman home Anda tetap minimalis dan informatif

Beranda web Anda harus mengomunikasikan pesan inti Anda secara instan. Lagi pula, kita jarang membaca setiap kata di web. Sebagai gantinya, kami dengan cepat memindai halaman, memilih kata kunci, kalimat, dan gambar. Dengan mempertimbangkan perilaku yang diketahui ini, lebih baik untuk menarik emosi daripada jumlah kata.

Semakin sedikit pengunjung yang harus membaca, mengklik, atau mengingat, semakin baik mereka dapat memproses dan mengevaluasi konten Anda. Dengan mendesain untuk mengurangi rentang perhatian, kemungkinan besar pengguna akan melakukan apa yang Anda inginkan.

Saat mempelajari cara mendesain web, tip desain web sederhana ini akan membantu Anda memecah konten dan membuat desain beranda yang rapi dan mengundang:

Taruh konten penting di bagian atas: Pengunjung harus memahami tentang web Anda sesegera mungkin, tanpa harus menggulir atau mengeklik di mana pun.

Beri ruang pada konten Anda: Gunakan spasi putih di antara elemen. Dengan mengosongkan beberapa area, Anda akan memberi desain nuansa yang jauh lebih luas dan seimbang. Untuk teks Anda, tulislah dalam paragraf yang mudah dibaca.

Tambahkan citra: Fitur media berkualitas tinggi seperti foto indah, seni vektor, atau ikon, akan melakukan keajaiban sebagai cara alternatif untuk menyampaikan maksud Anda.

Sertakan CTA: Dari melakukan pembelian hingga mendaftar, dorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan dengan menempatkan tombol ajakan bertindak (CTA) di beranda Anda.

Desain dengan visual hierarki

Hirarki adalah prinsip penting desain yang membantu menampilkan konten Anda dengan cara yang jelas dan efektif. Melalui penggunaan hierarki yang benar, Anda akan dapat mengarahkan perhatian pengunjung ke elemen halaman tertentu dalam urutan prioritas, dimulai dengan bagian yang paling signifikan.

Komponen utama visual hierarki adalah:

Ukuran dan berat: Sorot aset teratas Anda, seperti nama dan logo bisnis Anda, dengan membuatnya lebih besar dan lebih menonjol secara visual. Pembaca cenderung secara alami tertarik pada judul besar dan tebal terlebih dahulu, dan baru kemudian beralih ke teks paragraf yang lebih kecil.

Penempatan elemen: Gunakan tata letak web yang tepat untuk mengarahkan mata pengunjung Anda ke arah yang benar. Misalnya, Anda dapat menempatkan tombol ajakan bertindak yang penting di bagian paling tengah layar, atau menempatkan logo Anda di header.

Setelah Anda menetapkan hierarki yang jelas untuk informasi Anda, pembaca tidak dapat membantu tetapi secara tidak sadar mengikuti breadcrumb yang Anda tinggalkan untuk mereka. Kemudian, terapkan warna, kontras, dan spasi untuk aksentuasi lebih lanjut, tetap perhatikan apa yang paling menarik perhatian dan pastikan itu selalu disengaja.

Buat konten web yang mudah dibaca

“Keterbacaan” mengukur seberapa mudah orang mengenali kata, kalimat, dan frasa. Ketika keterbacaan Anda tinggi, pengguna akan dapat dengan mudah memindai, atau membaca sekilas, melaluinya. Dengan cara ini, mengambil informasi menjadi mudah.

Mencapai keterbacaan web relatif mudah; coba aturan utama ini:

Kontras adalah kuncinya: Kontras yang memadai antara warna teks dan warna latar belakang penting untuk keterbacaan, serta untuk aksesibilitas web. Meskipun skema warna web Anda cenderung mewakili warna merek Anda, pastikan ada kontras yang cukup antara elemen Anda. Untuk melakukannya, coba gunakan tools, seperti Pemeriksa Kontras.

Ukuran huruf besar: Kebanyakan orang akan kesulitan melihat font yang lebih kecil. Aturan praktis untuk desain web adalah untuk menjaga teks tubuh Anda setidaknya 16pt. Itu tempat yang baik untuk memulai, tetapi perlu diingat bahwa jumlah ini sepenuhnya bergantung pada font yang Anda pilih untuk web Anda.

Jenis font: Dunia tipografi menawarkan banyak jenis font yang kami miliki. Anda dapat memilih antara font serif (yang memiliki sedikit garis menonjol di ujung huruf, seperti Times New Roman) hingga sans serif, yang secara harfiah berarti “tanpa serif.”

Font sans serif biasanya merupakan pilihan terbaik untuk teks yang panjang – seperti yang sedang Anda baca. Anda juga dapat membuat pasangan font yang menarik dengan mencampurkan berbagai jenis ini bersama-sama.

Ada juga banyak tampilan font yang lebih pada sisi dekoratif, seperti font script yang terlihat tulisan tangan. Jika Anda menggunakan salah satunya, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, untuk menghindari efek yang berlebihan.

Batasi jumlah font: Jangan gunakan lebih dari tiga tipografi berbeda di satu web. Beberapa proyek mungkin memerlukan kombinasi font yang lebih rumit, tetapi terlalu banyak tipografi yang bervariasi biasanya tampak berantakan, mengganggu identitas merek Anda.

Memanfaatkan tema teks: Untuk membuat hierarki yang jelas, pastikan bahwa konten web tertulis Anda bervariasi dalam ukuran dan bobot – dari judul besar, hingga subjudul yang lebih kecil, hingga paragraf atau teks isi yang lebih kecil. Tip desain web yang praktis ini dapat memastikan bahwa selalu ada sesuatu yang menarik perhatian pembaca.

Pastikan web Anda mudah dinavigasi

Mungkin sifat Anda untuk memecahkan cetakan, tetapi navigasi web bukanlah tempat untuk menjadi yang terdepan. Lagi pula, Anda ingin pengguna Anda dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. Selain itu, dengan navigasi yang solid membantu mesin telusur mengindeks konten Anda sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan:

Tautkan logo Anda ke homepage: Tip desain web ini adalah praktik umum yang diharapkan pengunjung Anda, menghemat beberapa klik berharga bagi mereka. Jika Anda belum memilikinya, sangat disarankan untuk membuat logo Anda sendiri sebagai bagian dari upaya branding Anda.

Perhatikan menu: Baik memilih daftar horizontal klasik, menu hamburger, atau apa pun, menu web Anda harus menonjol dan mudah ditemukan. Selain itu, pastikan bahwa itu terstruktur sesuai dengan kepentingan setiap bagian.

Manfaatkan footer: Footer web Anda mungkin adalah hal terakhir yang terlihat di Anda, dan sebaiknya tempatkan semua tautan penting Anda di sana. Ini mungkin termasuk informasi kontak Anda, ikon media sosial dan versi singkat dari menu Anda, atau tautan relevan lainnya yang mungkin dibutuhkan pengunjung.

Tetap ramah seluler

Semua pengunjung Anda harus dapat menikmati web profesional Anda dengan sebaik-baiknya, apa pun perangkat yang mereka jelajahi. Buka versi seluler Anda sambil menempatkan diri Anda pada posisi pengguna, dan uji setiap halaman, tindakan pengguna, dan tombol.

Web seluler Anda harus lebih bersih dan tidak berantakan daripada versi desktop Anda, jadi pertimbangkan untuk meminimalkan elemen halaman dan memperkecil beberapa aset, seperti menu. Ada juga fitur seluler unik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan desain ponsel Anda.

Itulah 5 tips dalam membuat website yang optimal. Membuat website yang bagus itu bukan berarti banyak widget dan hiasan-hiasan lainnya. Namun, tidak semua orang bisa membuat website yang tepat. Anda bisa coba untuk menggunakan jasa pembuatan website guna membantu Anda dalam menyediakan website yang baik untuk pelanggan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga Anda serta bisa fokus pada pekerjaan lain yang berefek besar bagi bisnis Anda ^^