5 Tips Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Sistem Akuntansi

Dengan berkembangnya teknologi, software dan software akuntansi semakin banyak digunakan baik oleh bisnis besar maupun kecil.

Hal ini tidak dapat disangkal. Penggunaannya dalam semua transaksi bisnis sangat bermanfaat, efisien dan efektif, menghindari kenyamanannya dan risiko kesalahan teknis lainnya.

Berikut langkah-langkah mudah menyusun laporan keuangan menggunakan software akuntansi: Konsultan Pajak Surabaya

Siapkan database perusahaan

Untuk memulai, Anda harus memberikan informasi profil lengkap tentang perusahaan atau bisnis Anda.

Nama perusahaan, tanggal pendirian perusahaan, jenis perusahaan, dll. Ini penting untuk proses verifikasi dan persetujuan semua kegiatan bisnis.

Buat Bagan Akun

Bagan Akun adalah ringkasan dari semua akun yang terkait dengan buku besar Anda, termasuk akun kas, piutang, daftar aset lancar dan tetap, dan pengeluaran.

Jika bisnis atau perusahaan Anda sudah memiliki Bagan Akun sebelumnya, Anda dapat mentransfer data Anda dari Bagan Akun sebelumnya ke software akuntansi Anda.

Masukkan informasi untuk setiap akun di perangkat lunak akuntansi Anda

Masukkan detail akun seperti saldo bank dan saldo awal, aset, piutang, dan hutang. Masukkan juga informasi pelanggan, vendor, inventaris, dan pajak.

Jika sebelumnya Anda memiliki laporan neraca saldo, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin atau mengimpor isi laporan untuk periode saat ini ke dalam perangkat lunak akuntansi Anda.

Setelah semua akun terisi penuh, Anda dapat mulai memasukkan semua transaksi bisnis.

Memproses faktur dengan program akuntansi

Penagihan atau pemrosesan mungkin merupakan aktivitas paling umum dalam bisnis.

Anda dapat membuat faktur dan mengirimkannya ke klien peminjam Anda. Tentu saja, Anda juga dapat memasukkan faktur dari penjual saat menyewa.

Untuk membuat invoice atau invoice, masukkan informasi seperti nama pelanggan, nomor dan tanggal invoice, tanggal jatuh tempo, produk atau layanan yang ditawarkan, jumlah dan harga yang dipesan oleh pelanggan.

Anda dapat mencetak dan mengirim faktur atau email ke pelanggan Anda. Faktur berfungsi sebagai buku besar untuk piutang.

Ketika Anda menerima faktur dari pemasok, Anda harus memasukkan data ke dalam perangkat lunak akuntansi Anda. Hal ini berguna jika Anda ingin melunasi hutang Anda tepat waktu.

Mengatur dan memasukkan data transaksi

Perangkat lunak akuntansi melacak semua pengeluaran dan pendapatan perusahaan Anda. Saat Anda melakukan atau menerima pembayaran, transaksi secara otomatis memperbarui saldo Anda.

Agar informasi dalam laporan keuangan khususnya laporan laba rugi menjadi benar, Anda perlu mengetahui pengeluaran dan pendapatan yang harus Anda bayarkan baik secara langsung tunai maupun dalam bentuk hutang.

Melacak transaksi utang lebih mudah jika software akuntansi Anda sudah menggunakan metode akuntansi akrual.

Ikuti langkah-langkah sederhana di atas untuk mengakses laporan hasil keuangan dengan mudah dan cepat dengan perangkat lunak akuntansi Anda.

Selama perangkat lunak akuntansi melacak pendapatan dan pengeluaran semua perusahaan, laporan keuangan akan dibuat secara otomatis. Fitur ini memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

Anda juga dapat menghindari risiko kehilangan data bisnis dengan menyimpan laporan keuangan Anda di perangkat lunak akuntansi Anda. Bayangkan, jika Anda masih menggunakan kertas sebagai lembar kerja Anda, kertas tersebut bisa mudah rusak atau hilang. Tentu saja, saya kewalahan dengan penyusunan laporan keuangan.

Dengan software akuntansi online, informasi disimpan dengan aman menggunakan fitur berbasis cloud.

Journal by Mekari adalah software akuntansi terkemuka dengan fitur akuntansi lengkap dan lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan pelaporan dan pelaporan keuangan bisnis atau perusahaan Anda.

Jurnal menangkap semua transaksi secara real time di cloud. Di sini data keuangan Anda disimpan dengan aman dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan banyak laporan keuangan. https://proconsult.id/