5 Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo, Dapat Saksikan Langkoi Rock

pulau komodo

Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo yang berada di ujung barat Pulau Flores Indonesia, ialah satu kelompok besar pulau yang tawarkan beberapa tempat penyelaman terbaik di dunia. Disamping itu, Pulau Komodo ialah surga untuk photografer bawah laut.

Dimulai dari ditempati oleh ikan anthias sampai pari manta, berikut 5 tempat diving terbaik yang berada di Pulau Komodo.

1. Castle Rock

Castle rock ialah lokasi yang mengagumkan untuk scuba diving di Kepulauan Komodo. Beberapa penyelam bisa menyaksikan sebagian besar biota laut pada tempat penyelaman ini, dimulai dari pari manta, hiu karang kelabu, trevallies raksasa, sampai temanan tuna bahkan juga lumba-lumba.

2. Langkoi Rock

Lokasi ini sebagai yang paling ekstrim dari Taman Nasional Komodo. Langkoi Rock tidak pas untuk penyelam yang tidak eksper karena arus yang kuat dan perairan dalam disekelilingnya.

Ada beberapa hiu karang abu-abu, hiu martil, dan hiu tembaga bergabung di lokasi ini. Disamping itu ikan pelagis dan kerapu kentang dapat diketemukan penyelam pada kedalaman sekitaran 30 mtr..

baca : Mengenali Pulau Satonda, Tujuan Rekreasi Unik yang Eksotik di Utara NTB

3. Batu Berlubang

Ada dua opsi menyelam di Batu Berlubang, segi selatan pulau ialah taman karang yang agak miring dan segi utara dipenuhi dengan tebing batu-batuan dan ngarai. Ke-2 nya tawarkan bermacam tipe karang, invertebrata, dan beragam tipe ikan. Disamping itu, hiu, trevallies raksasa, dan kerapu bisa diketemukan dalam skala besar di sini.

Topography batu-batuan dan arus yang kuat ialah argumen terumbu karang di sini tidak jadi target nelayan. Karang yang keras dengan spons tutupi dinding dan lereng, menjadikan sebagai tempat paling cocok untuk kehidupan ikan-ikan kecil. Penghuni sebagian besar di Batu Berlubang ialah ikan anthias.

4. Manta Alley

Sesuai namanya, penyelaman ciri khas ini ialah lokasi khusus untuk mendapati pari manta di Pulau Komodo. Berada dalam teluk di sejauh pantai selatan pulau Komodo, beberapa penyelam bisa mendapati 10 sampai 20 pari manta berenang antara karang.

Walau manta ialah daya magnet khusus, di Manta Alley sarat dengan kehidupan laut yang lain terhitung hiu karang, trevallies, dan ikan hias besar.

baca juga : trip pulau tidung 2 hari 1 malam

5. Tatawa Kecil

Tatawa kecil ialah rumah untuk ikan anthias. Topography batu-batuan yang besar dan taman koral yang cantik jadi lokasi yang cocok untuk ditempati oleh beragam hewan laut seperti belut moray, kakap sampai sweetlips. Disamping itu ada pula kerapu besar, hiu, sampai pari manta disebelah selatan.

Itu lokasi-lokasi diving yang dapat kamu datangi bila ke Pulau Komodo. Mayoritas lokasi diving mempunyai arus yang kuat hingga dibutuhkan ketrampilan khusus bila ingin habiskan waktu di sini.