Dunia Bisnis

Teknologi

5 langkah penting untuk mengamankan perangkat Windows 10 Anda

Meskipun Windows 10 jelas lebih stabil daripada versi Windows sebelumnya (kami melihat Anda, Windows Vista), itu memang membutuhkan beberapa penyesuaian utama. Berikut beberapa langkah dasar yang dapat membantu Anda mengamankan sistem operasi Windows 10 Anda.

Cara Mengunci Windows 10

Berikut adalah lima langkah dasar yang perlu Anda ambil untuk melindungi dan mengamankan PC Windows 10 Anda: – Aktifkan Pemulihan Sistem – Aktifkan Pembaruan Windows – Unduh Perlindungan Antivirus Tingkat Lanjut – Hapus Instalasi Bloatware – Amankan Jaringan Anda Mari kita lihat.

1> Aktifkan Pemulihan Sistem

Unduhan yang salah, perubahan file, atau penyesuaian pengaturan dapat berdampak negatif pada kinerja sistem operasi Anda. Itu sebabnya Anda perlu membuat titik penyimpanan ketika Windows 10 berfungsi secara optimal. Cukup klik buat titik pemulihan di panel kontrol untuk mengakses pengaturan pemulihan sistem. Setelah itu, aktifkan proteksi pada drive sistem Anda. Fitur ini diaktifkan secara default, tetapi Anda hanya perlu memastikannya.

2> Aktifkan Pembaruan Windows

Penjahat dunia maya terus mencari cara untuk membahayakan keamanan Windows 10 Anda melalui kerentanan. Untungnya, Microsoft bekerja keras untuk merilis pembaruan yang menambal kerentanan. Patch keamanan harus diunduh secara otomatis untuk mencegah komputer Anda disusupi. Pembaruan Windows diaktifkan secara default di Windows 10. Tetapi Anda hanya perlu mengonfirmasi ulang ini, ketik pengaturan Pembaruan Windows di bilah pencarian untuk mendapatkan pengaturan yang benar. Di sini, Anda dapat memastikan bahwa sistem operasi Anda mengunduh dan menginstal tambalan terbaru secara otomatis.

3> Unduh Perlindungan Antivirus Lanjutan

Meskipun perangkat lunak keamanan default Windows cukup untuk melawan ancaman malware tradisional seperti virus dan worm komputer, para ahli percaya bahwa itu tidak cukup untuk melawan ancaman yang muncul seperti ransomware, adware, spyware, perangkat lunak penguntit, dan keylogger. Lindungi browser pihak ketiga seperti Google Chrome secara default. Dan jika Anda seperti kebanyakan pengguna Windows 10, Anda mungkin tidak menggunakan browser web default Microsoft. Ingat, malware dapat memengaruhi kinerja sistem Anda, mencuri informasi rahasia Anda, dan menyebabkan masalah keuangan, karena ancaman yang muncul dan tak terhitung jumlahnya dilepaskan oleh penjahat dunia maya. Saat ini tidak dapat dihentikan hanya dengan menggunakan teknologi anti-malware berbasis tanda tangan, karena hanya perlindungan virus tingkat lanjut untuk Windows 10 yang menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi ancaman berdasarkan perilaku, logika, dan pola yang dapat mengamankan PC Anda dari serangan jahat yang kompleks.

Baca artikel tentang teknologi lainnya di Ngobrol Teknologi

4> Penghapusan Bloatware

Jika Anda membeli komputer dari vendor reguler dengan Windows 10 yang sudah diinstal sebelumnya, sistem operasi Anda kemungkinan besar berisi perangkat lunak gratis yang harus segera Anda hapus instalannya demi keselamatan Anda. Atau spyware yang mengirimkan aktivitas Anda ke pemasar. Untuk menghapus instalan bloatware, lihat daftar program yang diinstal di panel kontrol Anda dan hapus program yang tidak diinginkan dengan bias ekstrim. Sayangnya, beberapa bloatware cukup keras kepala dan membutuhkan alat keamanan cyber canggih untuk penghapusan sepenuhnya.

5> Mengamankan Jaringan Anda

Anda harus mengaktifkan firewall Windows 10 Anda untuk meningkatkan penghalang jaringan yang menghentikan ancaman berbahaya. Kunjungi Sistem dan Keamanan di Panel Kontrol Anda untuk mengaktifkan Windows Defender Firewall dengan Keamanan Lanjutan. Ini sangat penting jika Anda menjalankan bisnis kecil, karena menjaga keamanan sistem Anda melindungi Anda dan pelanggan Anda. Untuk lebih mengamankan jaringan Anda, Anda selalu dapat berlangganan layanan VPN dari perusahaan keamanan siber yang direkomendasikan oleh pakar teknologi. Layanan VPN yang menggunakan teknologi WireGuard memberikan keamanan terbaik. Namun, harap menjauh dari VPN gratis karena mereka menggunakan teknologi usang dan membawa malware. Dengan banyaknya ancaman terhadap Windows 10, sangat penting untuk menjaga keamanan sistem operasi Anda. Untungnya, dengan mengikuti lima langkah ini, Anda dapat dengan mudah menghalau ancaman digital.