Dunia Bisnis

5 Kebiasaan Buruk Orang Tua Pemicu Ruam Popok
Parenting

5 Kebiasaan Buruk Orang Tua Pemicu Ruam Popok

Pemakaian produk diaper bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang tua zaman sekarang. Tak hanya praktis, kini produk diaper tersedia dengan kualitas yang semakin memuaskan sehingga aman bagi bayi seperti produk Pampers. Selain itu saat ini juga bisa dengan mudah ditemukan toko online jual Pampers Premium Care dengan penawaran harga yang terjangkau.

Pemicu Ruam Popok

Namun ada masalah yang sering terjadi akibat pemakaian diaper yaitu ruam. Ruam popok biasanya dipicu oleh berbagai hal dan diantaranya merupakan kebiasaan dari para orang tua. Berikut adalah 5 kebiasaan buruk orang tua yang memicu terjadinya ruam popok:

1.     Malas Ganti Diaper

Kebiasaan buruk yang paling sering ditemui dan menjadi pemicu ruam popok adalah malas mengganti diaper. Padahal penggantian diaper harus dilakukan paling tidak setiap 3 hingga 4 jam. Namun seringkali orang tua lupa atau malas mengganti diaper sehingga kontak antara kulit dan kotoran di diaper berlangsung lama. Kondisi ini kemudian memicu terjadinya ruam pada pantat bayi.

2.     Tidak Menjaga Kebersihan

Kebiasaan membersihkan bagian pantat secara asal-asalan juga bisa menyebabkan terjadinya ruam. Saat mengganti diaper, sebaiknya area kemaluan si kecil dibersihkan secara sempurna. Gunakan waslap dan air hangat untuk membasuh area vital bayi. Biasakan untuk membasuh area vital ini dari arah depan terlebih dahulu bukan dari belakang karena bisa menyebabkan penyebaran bakteri.

3.     Sering Ganti Merek Diaper

Kebiasaan berikutnya yang juga memicu ruam popok adalah sering mengganti diaper. Sebaiknya orang tua lebih konsisten menggunakan satu produk diaper. Jika sudah cocok dengan produk tersebut maka tak perlu mengganti dengan yang lain. Misalnya produk Pampers yang selalu hadir dengan kualitas terbaik. Temukan toko online jual Pampers Premium Care yang memberi penawaran harga bersahabat.

4.     Tidak Mengeringkan dengan Sempurna

Ruam popok juga bisa terjadi jika orang tua terbiasa membiarkan area pantat basah dan lembab. Belum dikeringkan secara sempurna tapi area pantat sudah ditutup lagi dengan diaper. Kebiasaan ini akan meninggalkan suasana lembab di area kemaluan si kecil dan bisa meningkatkan risiko terjadinya ruam popok.

5.     Memakaikan Bedak

Pemakaian bedak tabur di area kemaluan si kecil saat penggantian diaper sebaiknya segera ditinggalkan. Sama sekali tidak disarankan untuk mengaplikasikan bedak di area kemaluan. Serbuk bedak justru bisa masuk ke area kemaluan dan menyebabkan infeksi. Pemakaian bedak juga bisa meningkatkan risiko ruam popok sehingga sebaiknya dihindari saja.

Itulah tadi 5 kebiasaan buruk orang tua yang bisa menjadi pemicu terjadinya ruam popok. Pastikan semua kebiasaan ini segera ditinggalkan demi kenyamanan dan kesehatan si kecil. Temukan produk diaper yang berkualitas dan kebutuhan lainnya di toko perlengkapan bayi online yang biasanya memberi penawaran harga lebih terjangkau.