5 Bukti Ini Harus Kamu Kenali saat sebelum Berekreasi ke Pulau Kelor

pulau kelor

Pulau Kelor Untuk kamu beberapa karyawan nine to five yang telah capek dengan kegiatan rutin ibukota, tidak ada kelirunya loh untuk stop sesaat dan beri kesegaran pemikiran dengan berlibur.

Jalanan ke Pulau Kelor di Kepulauan Seribu ini bisa saja opsi tujuan berlibur kamu. Terletak yang masih juga dalam cakupan Jakarta dapat mempermudah kamu untuk cukup mengambil cuti satu hari.

Nach, saat sebelum jalanan ke situ, check dahulu 5 bukti yang harus kamu kenali mengenai Pulau Kelor berikut ini.

1. Menyajikan panorama pantai mempesona di Jakarta

Kebayang tidak sich ada pantai dengan bentangan pasir putih yang ada di daerah Jakarta? Ya, di Pulau Kelor ini kamu dapat menikmatinya. Jadi sisi dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, wilayah ini ada di bawah administrasi Propinsi DKI Jakarta. Lautnya yang jernih dengan ombak yang condong tenang bisa juga kamu cicipi sekalian bermain air di pantai.

Selainnya pantainya yang cantik, kamu bisa juga berpose dengan latar benteng warisan riwayat yang berada di Pantai Kelor ini.

2. Benteng Mortello warisan VOC

Selainnya keelokan pantainya, pulau ini kental dengan nuansa riwayat. Satu diantaranya dengan kehadiran bangunan benteng yang eksotik.

Diambil dari jejakpiknik.com, benteng yang namanya Benteng Mortello ini dibuat oleh VOC pada era ke-17, tetapi tersisa bangunannya masih tetap ada sampai sekarang ini. Beritanya benteng ini lebih banyak menyebar di penjuru dunia, satu diantaranya Indonesia.

Nama Mortello sendiri datang dari Bahasa Italia Mortella yang maknanya palu. Benteng ini awalnya berupa melingkar dan berperan sebagai benteng pertahanan saat perang menantang Spanyol, Portugis dan Membajak Laut. Baru saat Gunung Krakatau meledak di tahun 1883, bangunan benteng ini alami kerusakan.

baca : Pulau Bidadari 2 hari 1 malam

3. Bisa bertandang ke dua pulau yang lain

Jika kamu punya niat untuk bertandang kesini, dengan 1 dayung dua tiga pulau dapat terlewati loh. Letak Pulau Kelor ini bersisihan dengan pulau elok yang lain yaitu Pulau Onrust dan Pulau Cipir.

Diambil dari berlibursekolah.com, nama Pulau Onrust datang dari bahasa Belanda yang memiliki arti “tak pernah istirahat”. Pulau ini selalu berpindah peranan dimulai dari tempat singgal kapal, juga pernah jadi tempat beristirahat keluarga kesultanan Banten, pangkalan militer, kamp sandera, sampai lokasi karantina haji.

Dan Pulau Cipir atau Pulau Kayangan jadi pulau yang eksotik dengan kehadiran prasasti tua dan sisa puing-puing rumah sakit.

4. Ongkos dan akses ke arah lokasi

Untuk ke arah Pulau Kelor, kamu punyai beberapa pilihan. Dari situs wisatabaru.com mengatakan jika pilihan pertama bisa dilakukan dengan naiki speedboat dari Pelabuhan Marina Ancol.

Pilihan yang lain yaitu kamu dapat naik perahu motor punya nelayan lewat Pelabuhan Muara Kamal Cengkareng, atau Pelabuhan Tanjung Pasir, Tangerang. Seberang dari Ancol akan makan ongkos tambah mahal karena jaraknya lebih jauh, dan kapal yang ada umumnya mempunyai sarana yang cukup eksklusif.

Harga ticket masuk ke pulau ini cuman Rp 5 ribu. Dan ongkos yang lain yaitu ongkos parkir kendaraan di pelabuhan sejumlah Rp 20 ribu, ticket kapal penyeberangan Rp 100 ribu per-orang dan jasa tur guide (opsional) Rp 250 ribu per kelompok.

Jika dirasakan terlampau mahal, kamu dapat mengirit dengan turut paket rekreasi yang telah banyak ditawari oleh biro perjalanan. Paket rekreasi yang dijajakan umumnya telah meliputi rekreasi ke beberapa pulau sekelilingnya.

Baca : 5 Kampung Liburan di Pulau Lombok yang Dapat Jadi Tempatmu Setelah itu

5. Persiapkan peralatan berlibur yang dibutuhkan

Hal yang juga sangat penting saat berkunjung Pulau Kelor tentu saja ialah peralatan untuk berlibur di situ. Seperti berlibur di pantai, janganlah lupa persiapkan sunblock agar kulit kamu tidak terbakar cahaya matahari.

Aksesori simpatisan photo seperti topi pantai dan kacamata hitam janganlah sampai ketinggal yaa. Pakaian renang, pakaian tukar dan handuk jadi peralatan yang wajib kamu membawa jika kamu telah punya niat berenang di sini.

Itu 5 bukti yang perlu kamu kenali saat sebelum bertandang ke Pulau Kelor di Kepulauan Seribu . Maka kapan nih siap mengambil cuti buat jalanan kesini?