Dunia Bisnis

manfaat daun pandan
Kesehatan, Uncategorized

4 Khasiat Dari Daun Pandan Wangi.

Kegunaan daun pandan wangi untuk manusia cukup banyak mulai dari makanan, minuman hingga obat herbal.

Pandan wangi merupakan tanaman tropis yang lebih dikenal dengan warnanya yang hijau pekat serta aroma khasnya. Tanaman hijau satu ini mempunyai aroma khas perpaduan antara vanilla, almond, yang bisa menambah aroma pada masakan.

Namun tak sampai disitu saja, khasiat daun pandan ternyata juga banyak dan bisa digunakan untuk kesehatan. Beberapa orang kerap mengkonsumsi daun pandan dalam bentuk ramuah teh, yaitu daun pandan direbus lalu kemudian airnya dikonsumsi secara teratur.

Adapun juga yang mengkonsumsi secara mentah, dengan cara memeras sari pati dari daun pandan yang kemudian diminum sebagai obat herbal.

Untuk itu simak apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Mengatur tekanan darah.

Manfaat yang pertama ialah dapat kamu gunakan untuk mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil. Jadi jika kamu sering mengalami sakit kepala atau kelelahan bisa jadi suatu tanda bahwa tubuh kamu saat ini mengalami tekanan darah tinggi.

Jika hanya dibiarkan saja, masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu beberapa penyakit berbahaya nantinya seperti jantung dan stroke.

Kamu bisa memanfaatkan daun pandan dengan cara merebusnya, cukup gunakan 10 gram daun pandan lalu tambahkan dua gelas air bisa menjadi ramuan herbal dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Lakukan perebusan daun pandan hingga airnya berkurang separuh lalu, minum air rebusan pandan paling tidak dua kali sehari hingga tekanan darah menjadi nomal.

2. Meredakan nyeri rematik.

Masalah rematik biasanya ditandai dengan orang akan merasakan rasa sakit dan nyeri sendi hingga dapat mengganggu aktivitas harian.

Untuk itu jika kamu mau, kamu dapat memanfaatkan tanaman satu ini dalam meredakanya, caranya cukuo memotong tiga lembar daun pandan wangi lalu campurkan kedalam minyak kelapa murni dan panaskan.

Jika sudah mendidih, matikan kompor, tunggu hingga dingin lalu gunakan untuk mengoles bagian yang terkena rematik sembari dipijat pelan.

Artikel lainya : Makanan dan minuman penurun kolesterol

3. Menambah nafsu makan seseorang.

Manfaat sejanjutnya dari daun pandan ialah dapat kamu gunakan untuk penambah nafsu makan loh.

Jika kamu sedang tidak nafsu makan karena sedang sakit, cobalah untuk manfaatkan tanaman satu ini guna untuk mengembalikan nafsu makan seperti sedia kala.

Caranya gunakan kira-kira 8 lembar daun pandan segar, campurkan dengan tiga gelas air dan rebus. Masak hingga mendidih atau hingga air tersisa satu cangkir.

Setelah itu minum secara teratur di pagi dan sore hari untuk mengembalikan nafsu makan kamu yang hilang.

4. Menyembuhan demam.

Daun pandan diketahui dapat berkhasiat dalam menyembuhkan demam serta sekaligus meredakan panas tubuh.

Kamu dapat mengolah tanaman pandan dengan cara ambil beberapa lembar daun tanaman lalu kemudian rebus dengan dua gelas air. Masak hingga mendidih atau airnya berkurang separuh, setelah itu angkat dan konsumsi dua kali sehari hingga demam turun.

Atau kamu dapat menggunakan dengan cara kedua yaitu daun pandan dihaluskan dengan di blender, setelah itu saring ampasnya dan minum setengah gelas air sarinya.

Nah itulah 4 manfaat dari daun pandan untuk kesehatan. Kamu bisa menggunakan khasiatnya dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan diatas.

Harap untuk tidak menggunakan ramuan daun pandan secara berlebihan atau jangka panjang. Cukup konsumsi ramuan daun pandan saat memang dibutuhkan dan stop penggunaan jika sudah sembuh.