3 Jenis Power Plant yang Ada di Indonesia

Power plant atau pembangkit listrik memiliki beberapa macam, di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam pembangkit listrik yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Power Plant Indonesia dapat dikategorikan menjadi dua kategori yaitu power plant konvensional dan tidak konvensional.

Power plan atau pembangkit listrik merupakan salah satu fasilitas industri yang digunakan sebagai penghasil energi listrik. Untuk menghasilkan energi tersebut, powerbank membutuhkan beberapa bantuan generator.

Jenis Power Plant

Power plant dibuat untuk mengubah dari bahan baku dasar menjadi energi listrik. Power plant konvensional memiliki tiga jenis sumber daya energi diantaranya adalah

1.    Pembangkit Listrik Bahan Bakar Fosil

Pembangkit listrik tenaga fosil dapat menghasilkan tenaga listrik dengan cara membakar bahan bakar fosil untuk memproduksi aliran listrik. Bahan bakar fosil yang biasanya digunakan adalah batubara, gas alam atau minyak bumi. Pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil ini dibuat untuk produksi skala besar.

Power Plant Indonesia sendiri total produksi listrik dengan menggunakan bahan bakar fosil pada tahun 2020 mencapai 86,95%. Angka tersebut cukup menurun dari wadah tahun 2019 yang mencapai 88,73%. Produksi listrik dengan menggunakan bahan bakar fosil di Indonesia tercatat mencapai 239 TWh.

2.    Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Kemudian pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangkit listrik ini merupakan pembangkit listrik yang menggunakan nuklir sebagai sumber panasnya. Daya yang bisa dihasilkan mencapai 40 Mwe hingga 2.000 Mwe. Pembangkit listrik ini dibedakan lagi berdasarkan jenis reaktor yang digunakan.

Reaktor yang biasa digunakan adalah reaktor yang memiliki bahan dasar uranium dan plutonium.

3.    Pembangkit Listrik Tenaga Air

Yang ketiga adalah pembangkit listrik tenaga air. Pembangkit listrik ini memproduksi aliran listrik dengan cara memanfaatkan bendungan yang sudah dibangun. Karena jumlah air yang melimpah ini maka bisa dijadikan sebagai salah satu sumber energi terbarukan..

Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan energi yang berasal dari air sebesar 45,379 MW dari 75,091 MW energi yang terkandung.

Selain itu juga terdapat beberapa macam pembangkit listrik yaitu pembangkit listrik tenaga uap, gas, hingga pembangkit listrik tenaga minyak. https://www.ptpjb.com/ sendiri merupakan salah satu Power Plant Indonesia yang mengembangkan listrik yang beroperasi di daerah Jawa-Bali.