Dunia Bisnis

Uncategorized

10 Cara Mudah Kembangkan Bisnis Anda Di Facebook

Jika bisnis Anda tidak berkembang di Facebook, berarti Anda melewatkan kesempatan besar untuk menemukan kustomer baru di situs tersebut. Semua orang khawatir dengan popularitas di Facebook, tapi tidak dengan sebagian orang yang memiliki keuntungan dengan adanya bisnis mereka yang berkembang di sosial media saat ini.

Sosial media dapat membantu tingkatkan brand produk dan membagikan pesan dari Anda agar para user tertarik untuk membeli. Lalu, bagiamana caranya? Berikut ini 10 cara mudah kembangan bisnis Anda di era digital marketing saat ini:

1. Buat Facebook Page Produk Anda

Meskipun Anda mendapatkan banyak user dari website, tidak ada salahnya untuk mengembangkannya dengan membuat Facebook Fan page. Anda bisa menyertakan gambar yang ada di store dan para staff untuk membangun kepercayaan kepada new customer Anda.

Facebook merupakan langkah yang tepat untuk mengenal para user sosial media yang suka mengamati aplikasi sosial media mereka. Pastikan untuk memberikan informasi lengkap seputar kontak, jam operasi dan link ke arah website Anda.

2. Jadwalkan Konsistensi Postingan

Jika Anda memiliki gambar dan informasi seputar produk, fan page yang aktif harus memiliki postingan yang aktif juga. Cobalah untuk posting kontent asli sekali semingu, tapi prioritaskan kualitas konten dibandingkan kuantitas.

Posting konten untuk beberapa waktu per harinya yang memang fans Anda sedang aktif atau ramai di sosial media, karena mereka dapat unlike page Anda jika tidak ada suatu hal yang menarik mereka. Jangan lupa untuk men-direct para pengguna sosial media untuk berkunjung ke website Anda.

3. Pahami Pelanggan Anda

Jika fan page Anda terlihat menghasilkan maka manfaatkan tool yang ada seperti Audience Insight di Facebook. Hal ini untuk menunjukan informasi seberapa banyak orang yang suka like dan berkunjung ke website Anda.

Pelajarai tentang demographic dan gunakan informasi ini untuk menggapai target baru Anda. Misalkan ketika Anda memiliki target untuk perempuan di umur dewasa, cobalah untuk menargetkan ke usia perempuan remaja yang bisa saja lebih menghasilkan dibandingkan usia dewasa.

4. Pantau Selalu Sosial Media Anda

Selalu perhatikan terhadap postingan Anda yang menghasilkan komen dan reaksi dari para fans. Komen dapat menghasilkan level interaksi yang bagus karena tentu saja butuh usaha bahkan hanya berupa “Like” saja untuk satu postingan.

Jika Anda ingin mendapatkan komen semuanya tergantung dengan target audience Anda dan postingan yang memang dibuat untuk mereka sesuai atau tidak. Tapi, hati-hati saat Anda menerima komen negatif seperti komplain, selalu arahkan mereka untuk menelepon atau email terkait untuk ditindaklanjuti.

5. Posting Konten Menarik

Meskipun disebut fan page untuk bisnis, sosial media terasa seperti kontes. Ketika banyak user yang share tentang postingan Anda, maka disitulah Anda harus membuat pesan yang berarti, bermakna dan tentu saja dapat memajukan bisnis Anda.

Tentu saja, tidak semua konten yang popular dapat diterima untuk brand yang Anda jual, maka dari itu berhati-hatilah untuk memposting konten.

6. Postingan Terkait

Jika brand Anda membalas dengan cepat untuk pesan di Facebook, tentu saja para fans melihat seberapa aktif fan page Anda. Pastikan postingan Anda relevan dengan target audience agar mendapatkan respon balik.

7. Koneksi Diri Dengan Suatu Komunitas

Tetap adakan relevansi antara postingan konten tentang pemberitaan lokal dan luar negri. Jika bisnis Anda berhubungan dengan organisasi amal, maka sosial media merupakan tempat yang tepat untuk mengkoneksi Anda dengan suatu komunitas.

Posting foto karyawan Anda yang menjadi relawan seperti menyumbang orang-orang tidak mampu, dan tunjukan kepada komunitas tentang brand Anda hingga memiliki dampak positif dari suatu komunitas.

8. Post Dan Bagikan Acara Anda

Buat Facebook Event untuk setiap acara yang berhubungan dengan brand Anda. Saat event Anda mulai dibicarkan oleh beberapa komunitas, Anda akan mendapatkan perhatian lebih yang tentu saja lebih baik dari para user.

Banyak brand produk yang gagal saat menggelar event mereka dari sosial media, tentu saja karena caranya salah atau kurang pas memberikan info. Maka dari itu pastikan untuk memberikan kontak, agar acara Anda terlihat terpercaya dan tentunya mempermudah Anda mendapatkan user untuk datang.

9. Mau Beriklan Di Facebook

Jika Anda mendapatkan keuntungan dari Facebook, Anda bisa mencoba lebih meningkatkan keuntungan tersebut dengan beriklan. Iklan berbayar dapat membantu Anda menargetkan orang-orang yang relevan dengan produk Anda. Selain itu, Anda dapat menargetkan mereka lebih spesifik sehingga target audience Anda sesuai.

Untuk lebih lengkap bagaimana cara beriklan di Facebook, bisa Anda klik disini: Cara Beriklan di Facebook

10. Tingkatkan Budget SEO Anda

Mengupdate website untuk mengoptimasi search memang tepat, terlebih sosial media merupakan media jangka panjang untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda memang tidak memiliki karyawan yang mungkin berpengalaman dalam mengontrol sosial media produk Anda, tapi Anda bisa membayar orang yang memang memiliki skill di bidang tersebut.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat postingan untuk SEO, ada baiknya Anda untuk membayar jasa SEO untuk mengatur strategi pemasaran Anda.

Ya, memaintenance digital marketing membutuhkan biaya yang cukup besar saat ini. Tapi pada realnya, sosial media memiliki kesempatan yang lebih luas untuk Anda meraih para customer dan komunitas.

Coba Anda bandingkan dengan orang yang lebih suka membuka FB setiap harinya? Pastinya mereka akan memungkinkan melihat iklan Anda dibandingkan dengan marketing dulu menggunakan iklan di koran, televisi dan radio. Meskipun Anda memiliki target berkualitas, Facebook dapat membantu Anda mempromosikan brang dengan target yang lebih luas atau spesifik sesuai kebutuhan.