Tips Trik

Perhatikan Tips ini, agar ikan bakar enak dan dagingnya tidak mudah hancur

Ikan bakar bisa menjadi pilihan favorit untuk bermacam-macam pesta. Dan pastinya menu harian untuk keluarga, yang mungin bosan dengan menu ikan yang di goreng atau di sayur. Selain bumbu ikan bakar yang tepatada beberapa tips supaya pembuatan Ikan bakar bisa lezat. Memang membuat ikan bakar sebenarnya sederhana, Ikan bakar merupakan menu fafvorit pada saat acara seperti BBQ. Bisa diamakn dengan dicocol sauk kecap dan sambal saja suhsa enak. Masyarakat di Indonesia juga hobi dnegan ikan bakar terbukti dari bermacam-macam menu ikan bakar di setiap wilayah yang berbeda. Untuk kamu yang berniat akan mencoba ikan bakar. Ada baiknya mengikuti tips berikut ini.

  • Jenis ikan

Kamu harus mengetahui bahwa tidak semua ikan bisa diolah dengan cara dibakar, kamu harus pilih jenis ikan yang memiliki daging tebal seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan baronang, dan ikan kakap. Nah ikan gurame dan ikan bawal mudah ditemukan di pasar. Selain gurame dan bawal dipasar juga ada ikan kembung, namun ada baiknya hindari pengunaan ikan kembung karena dagingnya yang tipis dan sangat mudah hancur di atas panggangan.

  • Pilihlah ikan Segar

Memang benaru jika bahan makanan yang masih seugar pastinya membuat hasil makanannya bisa lebih enak, Oleh karena itu, pastikan ikan yang diberli benar-benar segar, ya.  Akan lebih bauk lagi jika kamu memilih ikan hidup yang kemudian baru dipotong setelah kamu beli. Cuci bersihj ikan, buang isi perutnya. Untuk ikan ukuran besar belah membujuer salah satu sisi ikan lalu bentangkan melebar supaya mudah matang dan merata.

  • Marinasi Ikan

Proses paling utam dalam menentukan citarasa iakn bakar adalah marinasi. Sebaiknya kamu lakukan beberpa jam sebelum pembakaran supaya bumbunya lebih meresap. Cara sederhananya yaitu dnegan merendam ikan dalam campuran air jeruk nipis dan garam unruk mengurangi aroma amis ikan, Jika ingin lebih lezat, kamu bisa menambahkan rempah-rempah yang dihaluskan seperu bawang putijh, jahe, lengkuas kuntiy dan juga kemiri, Tentunya disesuaikan dengan jenis masakan yang akan diolah, apakah ikan bakar kecap, ikan bakar ala padang, atau ikan bakar madu. Janganl lupa kerat kedia sisi badan ukan supaya bumbunya meresap sampai bagian dalam dan masukan ke wadah tertutup untuk disimpan ke dalam kulkas. Waktu marinasinya cukup selama 20 menit hingga 1 jam saja.

  • Olesi Ikan dan Panggangan dengan minyak

Rasanya pasti sebal kalau lagi asyik bakar bakarann, namun pas siangkat kulit dan daging ikannya malah nempel di panggangan. Untuk itu oleskan sedikti minyak pada ikan dana lat pemanggang sebelu mdibakar, Tapi kalau bumbu yang kamu pakai sudah menggunakan minyak, maka sudah cukup. Selain minyak, kamu bisa juga menggunakan margarin. Juga jangan lupa mengoleskannya pada alat pemanggangan.

  • Pemabakaran

Awali proses pembakaran dnegan meletakkan ikan, tanpa diberi apapun. Bila kamu memanggang ikan utuh dan tidak mau kesulitan saat membaliknya, gunakanlaj penjepit untuk ikan. Setelah dibakar sebantar sampai agak kering. Oelsi bumbu ke permukaan ikan. Jika ikan sudah ditempatkan di atas pemanggangan. Jangan ubah posisi ikan selama 3 menit. Barulah kemudian ikan dapat dibalik. Sebaiknya proses pembakaran dilakukan sekitar 10 menit supaya tingkat kematangan nyta sempurna.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang menginginkan ikan bakar yang lezat.

Leave a Reply